Kamis, 22 April 2010

Harddisk Cleaner


File-file sampah yang tidak terhapus secara sempurna, lama-kelamaan akan menumpuk di dalam hardisk dan hal ini akan menghambat kinerja operating system anda. Ibarat sebuah saluran air, terlalu banyak sampah yang menumpuk akan menghambat aliran air, begitu pula yang terjadi pada komputer anda. Bila sampah-sampah terlalu banyak menumpuk di komputer anda, maka komputer anda akan berjalan lambat.untuk itu perlu dilakukan pembersihan terhadap komputer anda.

Melalui tool HDCleaner (download), PC anda akan melakukan proses bersih-bersih hardisk secara berkala dan semuanya tentu dapat diatur agar dapat bekerja secara otomatis ataupun manual.

1. Instalasikan HDDCleaner

2. Jika proses instalasi sudah selesai, jalankan HDDCleaner

3. Kita akan membuat jadwal bersih-bersih terlebih dahulu.

4. Klik menu option kemudian option.

5. Pada jendela option yang muncul, klik task manager.

6. Pilihan scan for a given time untuk melakukan proses scaning berdasarkan jam dan scan for a given date untuk melakukan proses scaning berdasarkan taggal dan jam.

7. Sebaiknya anda memilih jam-jam malam, karena pada jam-jam tersebut biasanya komputer tidak digunakan sehingga komputer dapat melakukan bersih-bersih dengan tenang dan anda pun tidak terganggu.

8. Jika sudah, pada box after cleaning HDCleaner will, tandai pilihan shutdown the system, agar komputer langsung dimatikan begitu HDCleaner selasai melakukan proses cleaning.

9. Pada box choose the drive to clean, tandai semua drive hardisk yang ada pada komputer anda, agar proses cleaning dilakukan secara menyeluruh.

10. Selanjutnya, pindah ke tab startup, tandai semua pilihan yang ada disana agar HDCleaner melakukan proes-proses tersebut pada saat startup, jika sudah klik OK.

11. Selanjutnya minimize program agar masuk ke system tray.

Jika setelah bersih-bersih ternyata komputer anda menjadi kurang stabil, tenang saja karena HDClaener telah memuat backup file-file yang telah dihapus ke dalam bentuk .zip, sehingga anda masih dapat mengembalikan file-file yang ternyata masih diperlukan. Defaultnya, file backup disimpan di C:\Program file\HDCleaner\zipbackup. Jika anda merasa sudah tidak memerlukan file tersebut, anda dapat mendeletnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar