Jumat, 16 Maret 2012

kumpulan aneka artikel 'n tips menarik

kumpulan aneka artikel 'n tips menarik


Manfaat Tak Terduga dari Puntung Rokok

Posted: 16 Mar 2012 05:46 AM PDT

Para ilmuwan di China mengungkapkan mereka telah menemukan manfaat positif puntung rokok yang telah dibuang. Bahan kimia yang diambil dari filter puntung rokok bisa melindungi pipa-pipa baja agar tidak berkarat.

[imagetag]

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Masyarakat Kimia Amerika dan bila benar bisa menghasilkan prospek bagi pendanaan daur ulang puntung rokok, demikian dilasir BBC.

Sekitar 4,5 triliun puntung rokok berada di lingkungan kita setiap tahun. Puntung-puntung rokok bisa bertahan sampai 15 tahun di laut, dan filter yang mengandung bahan racun kimia bisa mematikan berbagai jenis ikan.

Sekarang para peneliti di China mengatakan mereka menemukan cara yang dapat membuat daur ulang puntung rokok menguntungkan dari sisi ekonomi.

Mereka menemukan bahwa dengan mencelupkan puntung rokok ke dalam air mereka dapat mengeluarkan sembilan jenis bahan kimia termasuk nikotin.

Bila bahan-bahan ini dioleskan ke jenis baja yang sering digunakan industri minyak, bahan-bahan kimia itu ternyata sangat efektif untuk mencegah baja itu berkarat dalam kondisi sulit sekalipun.

Selama ini industri minyak membutuhkan biaya sangat besar untuk mengganti pipa baja yang berkarat.

China sendiri tidak akan kekurangan pasokan puntung rokok untuk melakukan uji coba. Sepertiga rokok dunia dihisap di China. Bagaimana dengan angka di Indonesia?

Mesin ATM ini Dapat Mengeluarkan Koin Emas

Posted: 16 Mar 2012 05:42 AM PDT

Dubai memang terkenal negara kaya dan selalu membuat obsesi yang sangat muluk tentang hal-hal yang mewah dan mahal.
Kali ini adalah Mesin ATM Emas yang diciptakan oleh Thomas Geisler dan mesin ini dapat mengeluarkan koin emas dan emas batangan. Emas ini dapat digunakan sebagai souvenir yang bagus untuk para tamu.
Tetapi untuk tahap awal, ATM Emas ini hanya dapat menerima mata uang lokal, namun nantinya akan dapat dimodifikasi agar dapat menggunakan kartu kredit. Mesin ATM ini juga dilengkapi dengan sistem komputer yang terus-menerus memantau harga emas di pasar dunia saat ini. Harga emas akan mengalami perubahan dan akan berubah mengikuti harga pasar setiap 10 menit…

sumber: http://yepiye.wordpress.com/

5 Ikan Jaman Dinosaurus yang masih hingga Sekarang

Posted: 16 Mar 2012 05:41 AM PDT

5.Arapaima

Sekilas ikan ini mirip dengan ikan arwana , Arapaima Amazon dianggap sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Menurut deskripsi awal, bisa tumbuh sampai sampai 4,5 meter, tapi hingga saat ini, Arapaima besar seperti ini jarang ditemukan dan arapaimas paling dewasa rata-rata berukuran 2 meter. Arapaima memakan ikan kecil, krustasea dan apa pun hewan yang kecil bisa masuk kedalam mulut mereka. Salah satu ciri menarik dari ikan ini adalah menghirup oksigen dari udara, seperti cetacea, agar bertahan hidup. Arapaimas tidak menimbulkan bahaya bagi manusia dan sering diburu untuk diambil dagingnya, sayangnya Arapaima sangat langka saat ini.

4.Sawfish

Hewan ini adalah korban dari periode Cretaceous, dan dapat ditemukan baik di laut atau di sungai pada kedalaman 100 km dengan panjang 7 meter, ikan ini terlihat seperti ikan hiu dengan mulut yang menyerupai gergaji mesin, namun sawfish bukan termasuk di dalam spesies ikan hiu hanya mirip.

3.Alligator Gar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAomMRwkPfb3OHIc8FdAWprA19c7uxFQMc5Fh4SnqH9qSUC7XA21bmjFRLMhq3mCQP1wdN923v3PN_149R0x167ZvfGDQhVwn90j2V7iz3NY3XK2qM8t1XQXx3mNgVzycmSlwfnw2tuETq/s400/ALLIGATOR+GAR.jpg
Ini predator bersisik tebal ditemukan di AS selatan, utara dan timur Meksiko, menjadi ikan air tawar terbesar di Amerika Utara. Alligator Gar dapat tumbuh hingga 4 meter dan berat sampai 200 kg. Alligator Gar yang disebut demikian karena penampilan mereka mirip reptil buaya dan rahang yang panjang, memiliki dua sisi gigi yang tajam. Alligator Gar adalah predator yang rakus dan telah dikenal berbahaya untuk manusia, meskipun belum dikonfirmasi kematian karena Alligator Gars telah dicatat sampai saat ini. Gars adalah salah satu dari ikan tertua yang hidup saat ini.

2.Polypterus Senegalus
http://www.biomimicrynews.com/Images/polypterus_senegalus.jpg
Ikan Africa ini sering disebut "belut dinosaurus", karena penampilan mereka dan sirip punggung bergerigi. Mereka sebenarnya bukan belut, tetapi anggota keluarga Bichirs. Meskipun sering dijual sebagai hewan peliharaan eksotis "belut dinosaurus", mereka dapat bertahan keluar dari air untuk jangka waktu yang lama selama kulit mereka tetap basah.

1.Coelacanth
http://www.islandenvironmentblog.org/Coelacanth1.jpg
Coelacanth adalah yang paling terkenal dari semua "fosil hidup" dan pantas menjadi # 1 dalam daftar ini, karena ini adalah contoh terbaik dari sebuah takson Lazarus, ini adalah binatang yang seharusnya lama punah dan tak terduga ditemukan masih hidup hingga sekarang. Ikan ini seharusnya telah punah pada periode Cretaceous, bersama dengan dinosaurus, tetapi pada tahun 1938, sebuah spesimen hidup tertangkap di Afrika Selatan. Sejak itu, spesimen telah dilihat dan difoto, dan spesies Coelacanth kedua bahkan ditemukan di Indonesia pada tahun 1999. Ikan ini adalah predator besar, panjangnya 2 meter, mereka memakan ikan yang kecil, termasuk hiu kecil, dan biasanya ditemukan di laut dalam, perairan gelap.
http://www.suaramanado.com/img_berita/coelacanth_3.jpg
Penduduk jarang menangkap dan mengkonsumsi karena rasanya yang aneh, Coelancanth ikan raja laut sebagai spesies yang hampir punah hingga saat ini. Ikan ini hanya hidup di perairan Afrika Selatan bagian barat dan perairan Indonesia timur masing-masing disebut Latimeria chalumnae dan Latimeria menadoensis. Spesies baru yang ditemukan di Manado pada tahun 1999 mengejutkan dunia karena sejak tahun 1940 spesies Coelacanth dikenal hanya berasal dari bagian barat Madagaskar. Coelacanth dikategorikan sebagai ikan prasejarah dan fosil hidup karena diduga sudah ada semenjak era Devonian, sekitar 380 juta tahun yang lalu.

sumber: http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/

Mengenang Pesan Terakhir Mama Lauren

Posted: 16 Mar 2012 05:38 AM PDT

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, paranormal kondang Mama Lauren mengucapkan sebuah pesan. Mau tahu nasehat terakhir Mama Lauren itu?
 
"Dia juga berpesan jaga lingkungan, karena lingkungan sudah semakin rusak. Politik jangan serakah-serakah," kata anak angkat Mama Lauren Beby Djenar di Jakarta, Selasa (18/5) pagi.
Sejak hari Minggu (16/5) siang, Beby menjelaskan, Mama Lauren dirawat di Rumah Sakit Cikini, Jakarta Pusat, karena komplikasi paru-paru dan jantung.
"Paru-paru terisi cairan yang masuk ke jantung, dan mengakibatkan tidak bisa bernafas," ujar Beby.
Mama Lauren wafat pukul 21.37 WIB, Senin (17/5). Dari rumah sakit, jenazah Mama Lauren dibawa ke rumah duka, komplek Cipinang Indah, Jakarta Timur.
Rencananya, wanita yang memiliki nama asli Larentia Pasaribu ini akan dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan siang ini.
sumber: http://inilah.com/n

Lokasi Istana Nabi Sulaiman

Posted: 16 Mar 2012 05:33 AM PDT

Dikatakan kepadanya : " Masuklah ke dalam istana. Maka tatkala dia melihat lantai istana itu, dikiranya kolam air yang besar, dan disingkapkannya kedua betisnya". Berkatalah Sulaiman : " Sesungguhnya ia adalah istana licin terbuat dari kaca" Berkatalah Balqis :"Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat zalim terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan semesta alam"."(QS An Naml 44)

Catatan sejarah mengungkapkan pertemuan antara Sulaiman dengan Ratu Saba berdasarkan penelitian yang dilakukan negeri tua Saba di Yaman Selatan. Penelitian yang dilakukan terhadap reruntuhan mengungkapkan bahwa seorang "ratu" yang pernah berada di kawasan ini hidup antara 1000 s/d 950 SM dan melakukanperjalanan ke Utara ( ke Jerusalem).

Keterangan lebih terperinci tentang apa yang terjadi diantara dua orang penguasa, kekuatan ekonomi dan politik dari dua negara ini, pemerintahan mereka dan hal lain yang lebih terperinci semuanya diterangkan dalam Surat An Naml. Kisah yang meliputi sebagian besar surat An Naml, memulai keterangannya tentang ratu Saba berdasarkan berita yang dibawa oleh seekor burung Hud, salah satu tentara nabi Sulaiman kepadanya :

Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata;"Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini.

Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar.

Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah; dan syaitan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka, lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak mendapat petunjuk, agar mereka tidak menyembah Allah Yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi dan Yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan.

Allah, tiada Tuhan Yang Disembah kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai Ársy yang besar". Berkata Sulaiman :"Akan kami lihat, apa kamu benar ataukah kamu termasuk orang-orang yang berdusta." ( QS An Naml 22-27).



Setelah menerima berita dari burung hud ini, Sulaimanpun memberikan perintah sebagai berikut :

Pergilah dengan (membawa) suratku ini, lalu jatuhkanlah kepada mereka kemudian berpalinglah dari mereka, lalu perhatikanlah apa yang mereka bicarakan".(QS. An Naml: 28).

Setelah ini, al-Qur'an mengemukakan kejadian yang berkembang setelah Ratu Saba menerima surat tersebut:

Berkata ia (Balqis) : "Hai pembesar-pembesar, sesunguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia. Sesungguhnya surat ini dari Sulaiman dan sesungguhnya (isinya): "Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri".

Berkata dia (Balqis) ; "Hai para pembesar berilah aku pertimbangan dalam urusanku (ini) aku tidak pernah memutuskan sesuatu persoalan sebelum kamu berada dalam majelis(ku)".

Mereka menjawab: "Kita adalah orang-orang yang memiliki kekuatan dan (juga) memiliki keberanian yang sangat (dalam peperangan), dan keputusan berada di tanganmu; maka pertimbangkanlah apa yang akan kamu perintahkan".

Dia berkata: "Sesungguhnya raja-raja apabila memasuki suatu negeri, niscaya mereka membinasakannya, dan menjadikan penduduknya yang mulia jadi hina; dan dan demikian pulalah apa yang akan mereka perbuat. Dan sesungguhnya aku akan mengirimkan utusan kepada mereka dengan (membawa) hadiah dan (aku akan) menunggu apa yang dibawa kembali oleh utusan-utusanku itu.




Maka tatkala utusan itu sampai kepada Sulaiman, Sulaimanpun berkata: Äpakah (patut) kamu menolong aku dengan harta? Maka apa yang diberikan oleh Allah kepadaku lebih baik daripada apa yang diberikan-Nya kepadamu; tetapi kamu merasa bangga dengan hadiahmu.

Kembalilah mereka sungguh Kami akan mendatangi mereka dengan bala tentara yang mereka tidak kuasa melawannya, dan pasti kami akan mengusir mereka dari negeri itu (Saba) dengan terhina dan mereka menjadi (tawanan-tawanan) yang hina dina".

Berkata Sulaiman: "Hai pembesar-pembesar siapakah diantara kamu sekalian yang sanggp membawa singgasananya kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri". Berkata Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin:"Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgasana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya".

Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al Kitab:"Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip". Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana tersebut terletak dihadapannya, iapun berkata :Ïni termasuk karunia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan ni'mat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia".

Dia berkata: "Robahlah baginya singgasananya; maka kia akan melihat apakah dia mengenal ataukah dia termasuk orang-orang yang tidak mengenali(nya)".

Dan ketika Balqis datang, ditanyakanlah kepadanya: "Serupa inikah singgasanamu?". Dia menjawab: "Seakan-akan singgasana ini singgasanaku, kami telah diberi pengetahuan sebelumnya dan kami adalah orang-orang yang berserah diri".

Dan apa yang disembahnya selama ini selain Allah, mencegahnya ( untuk melahirkan ke-Islamannya), karena sesungguhnya ia dahulunya termasuk orang-orang yang kafir. Dikatakanlah kepadanya: "Masuklah ke dalam istana". Maka tatkala dia melihat lantai istana itu, dikiranya kolam air yang besar dan disingkapkannya kedua betisnya". Berkatalah Sulaiman: "Sesungguhnya ia adalah istana licin terbuat dai kaca". Berkatalah Balqis: ¼a, Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat zalim terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan semesta alam". (QS An Naml 29-44).

Sebuah peta yang menunjukkan dua buah jalur perjalanan ratu Saba.



Istana Sulaiman

Dalam surat dan ayat yang menerangkan tentang ratu Saba, Nabi Sulaiman juga disebutkan. Dalam Al Qurán diceritakan bahwa Sulaiman mempunyai kerajaan serta istana yang mengagumkan dan banyak perincian lain yang diberikan.

Berdasarkan ini, Sulaiman dapatlah dikatakan memiliki teknologi yang maju dimasanya. Di istananya terdapat berbagai karya seni dan benda-benda berharga, yang mengesankan bagi semua yang menyaksikanya. Pintu gerbang istana terbuat dari gelas. Penyebutan Al Qurán dan akibatnya terhadap ratu Saba disebutkan dalam ayat berikut :

. Dikatakanlah kepadanya: "Masuklah ke dalam istana". Maka tatkala dia melihat lantai istana itu, dikiranya kolam air yang besar dan disingkapkannya kedua betisnya". Berkatalah Sulaiman: "Sesungguhnya ia adalah istana licin terbuat dai kaca". Berkatalah Balqis: ¼a, Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat zalim terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan semesta alam".(QS An Naml 44).
Setelah kuil Sulaiman dihancurkan, satu-satunya dinding/tembol kuil yang tersisa diubah menjadi "Tembok ratapan"oleh Yahudi. Setelah penaklukan Jerusalem di abad 7, kaum Muslim membangun Masjid Umat dan Kubah Batu dimana kuil tersebut dahulunya berada. Dalam gambar disebelah kanan tampak Kubah Batu.

Istana Nabi Sulaiman disebut dengan "Solomon Temple/Kuil Sulaiman" dalam literatur bangsa Yahudi. Saät ini, hanya "Tembok sebelah Barat" yang tersisa dari bangunan kuil atau istana yang masih berdiri, dan pada saat yang bersamaan tempat ini dinamakan "Tembok Ratapan/Wailing Wall"oleh orang Yahudi. Alasan mengapa istana ini, sebagaimana banyak tempat lain yang berada di Jerusalem kemudian dihancurkan adalah dikarenakan tindakan jahat serta kesombongan dari bangsa Yahudi. Hal ini diberitahukan oleh Al Qurán sebagai berikut :

Dan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israil dalam kitab itu: "Sesungguhnya kamu akan membuat kerusakan di muka bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar". Maka apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) pertama dari kedua (kejahatan) itu, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang mempunyai kekuatan yang besar, lalu mereka merajalela di kampung-kampung, dan itulah ketetapan yang pasti terlaksana.

Kemudian Kami berikan kepadamu giliran untuk mengalahkan mereka kembali dan Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar. Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam masjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai.(QS al Isra 4-7).

Kuil Sulaiman memiliki teknologi yang paling maju saat itu dan pemahaman estetika yang unggul. Pada gambar di atas ditunjukkan pusat kota Jerusalem selama masa pemerintahan Nabi Sulaiman.
1) Pintu Barat daya
2) Istana Ratu
3) Istana Sulaiman
4) Pintu gerbang dengan 32 pilar
5) Gedung pengadilan
6) Hutan Libanon
7) Kediaman pendeta tingkat tinggi
8) Pintu masuk ke kuil
9) Alun-alun kuil
10) Kuil Sulaiman

Seluruh kaum yang disebutkan dalam bab-bab terdahulu patut mendapatkan hukuman karena pemberontakan mereka dan ketidak bersyukuran mereka atas karunia Allah, dan makanya merekapun ditimpa bencana. Setelah berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa negara dan wilayah, dan akhirnya menemukan sebah rumah di tanah suci pada masa Sulaiman, bangsa Yahudi sekali lagi dihancurkan karena perilaku mereka yang diluar batas, dan karena tindakan mereka yang merusak dan membangkang. Yahudi modern yang telah menetap di daerah yang sama dengan daerah dimasa lalu, kembali menyebabkan kerusakan dan "berbesar hati dengan kesombongan yang luar biasa" sebagaimana mereka lakukan sebelum peringatan yang pertama.

sumber: http://feedproxy.google.com

Pesawat Raksasa Jaman Dulu

Posted: 16 Mar 2012 05:31 AM PDT

Para perancang dan pembangun Pesawat-pesawat Raksasa dibawah ini tentulah sangat terobsesi pada ukuran. Beberapa diantaranya sungguh megah dan indah, namun ada yang bentuknya menggelikan dan ada juga yang akhirnya menjadi tidak ekonomis atau tidak pernah dibangun sama sekali.
  • Dornier Do X, Kapal yang dapat Terbang

Sejarah penerbangan mencatat Dornier Do X buatan Lufthansa, sebuah flying super-boat yang berangkat dari ide pulp-fiksi yaitu kapal laut yang dapat terbang. 'Kapal' yang benar-benar terbang ini dibuat di Jerman pada tahun 1929 dan dijuluki Flugschiff. Dengan 14 orang awak dan kapasitas lebih dari 100 penumpang menjadikan 'kapal' ini paling kuat dan besar di dunia pada saat itu.


seorang insinyur Jerman sedang mengoperasikan dua belas mesin Flugschiff
  • Tarrant Tabor: Desain Super Aneh yang menjadi Bencana
Ia dijuluki sebagai 'Furniture Terbang'. Dengan desain sayap dan kurang lazim, peswat ini bahkan tidak dapat bertahan melewati upaya pertamanya terbang. Ukurannya memang besar, tetapi masalah sesungguhnya adalah penempatan mesin: terlalu tinggi di atas sayap, sehingga hidung pesawat tidak mampu mendongak.


Tarrant Tabor, tampak seperti permainan desainer. Raksasa "sayap terbang" dan "mesin dalam sayap", konsep-konsep dari awal 1940-an.
  • Proyek Transportasi Raksasa dari tahun 1950-an
Saunders-Roe sedang membangun kapal terbang besar setelah perang. Tapi proyek yang diberi nama sementara "Queen Of Saro" ini sungguh tidak lazim pada zamannya. Perahu raksasa terbang yang dijadwalkan untuk jarak London-Sydney ini memiliki LIMA deck, cukup untuk membawa seribu penumpang dengan nyaman, termasuk bar, ruang makan dan lounge elit!


Pesawat raksasa itu harus didukung oleh 24 mesin di dalam sayapnya. Sayap ini cukup bagi para insinyur untuk dapat melaksanakan pemeliharaan sambil berdiri sementara pesawat itu terbang.



  • Brabazon! Lebih besar dari Boeing 747
Bristol Type 167 Brabazon adalah a full-size flying machine yang pernah diingat. Namun pesawat dengan ukuran yang sama dengan Boeing 747, hanya dibangun untuk mengangkut sekitar 100 penumpang dan secara ekonomis dianggap tidak layak.




  • Pesawat Terbang dengan Mesin Piston terbesar yang pernah dibangun
Convair XC-99 pada dasarnya merupakan transportasi militer, tetapi versi penumpang juga dibuat. (Convair Model 37, untuk 204 orang penumpang):




Dengan dua deck dan sebuah elevator untuk memuat dan memindahkan kargo antar deck. Dengan bobot melebihi berat yang sudah dibatasi pada saat itu, pesawat ini dapat menghancurkan landasan pacu pada saat mendarat. XC-99 dikembangkan dari pembom B-36.


Pesawat ini besar dan kuat, sebanding dengan Bristol Brabazon, memiliki penerbangan yang lumayan sukses. Namun Angkatan Udara AS memutuskan bahwa tidak perlu ukuran sebesar itu untuk transportasi jarak jauh pada masanya.
  • Penerbangan Supersonic yang menakjubkan
Kenapa menakjubkan? Well, untuk satu hal, akan menjadi sedikit heran jika Anda tidak melihat ada pesawat supersonik non-militer terbang di atas Amerika Serikat – hanya karena mereka dilarang untuk melakukannya, karena takut booming sonik menghancurkan pinggiran kota damai. setiap pesawat supersonik cukup cantik untuk dilihat. Berikut adalah tabel perbandingan ukuran pesawat supersonik dari Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat.


lihat isi kokpit Concorde: cukup intens, bukan?
Membicarakan Pesawat supersonik militer yang lain, rasanya sulit untuk tidak mencantumkan Blackbird SR-71, salah satu Decepticons tertua dengan kecepatan 10% lebih cepat daripada peluru…. Masih pesawat tercepat yang pernah ada dengan kecepatan 3,5 Mach.


Lihat kokpit ganda itu. Pesawat ini benar-benar memiliki kehadiran hebat … tahun 1960, Lockheed mulai mengembangkan sebuah pesawat yang akan terbang tiga mil lebih tinggi dan lima kali lebih cepat dari pesawat mata-mata – dan masih mampu memotret pelat nomor Anda.

SR-71 juga memegang rekor tertinggi berkelanjutan penerbangan untuk pesawat bertenaga manusia (25.929 m), dan masih memegang rekor kecepatan sejak tahun 1976!. Pesawat itu pensiun dua kali karena biaya operasional yang tinggi, dan surat ditulis untuk Senat AS, yang ditandatangani oleh astronot John Glenn: "Bapak Presiden, penghentian SR-71 adalah kesalahan besar dan dapat menempatkan bangsa kita pada masalah serius dan merugikan dalam hal krisis di masa depan. "
Berikut ini beberapa konsep pesawat yang menarik, terkait dengan pengembangan mesin Blackbird unik. Convair NX-2, misalnya – pada satu waktu bahkan dijadwalkan untuk menjadi yang pertama di Amerika sebagai pesawat bertenaga Atom.


Periksa mesin atom besar di sebelah kiri:

Rusia juga datang dengan konsep radikal beberapa supersonik – ini adalah Proyek RAK-DA, atau Sukhoi T-4MS, strategic heavy bomber dari tahun 1960.

sumber : DarkRoasterBlend

Desain mesin pembuat kopi yang Unik

Posted: 16 Mar 2012 05:28 AM PDT

Selama ratusan tahun, membuat secangkir kopi proses tampak sederhana. Selama periode tersebut, sedangkan rasa dasar dari brewage masih tetap hampir sama, tapi cara yang dapat dipersiapkan telah pergi dari mudah mudah. Memeriksa beberapa pembuat kopi paling menakjubkan yang yakin untuk meningkatkan pengalaman menyeduh Anda.

Mypressi Twist

Mypressi telah memperkenalkan mesin espresso pertama di dunia yang penuh portabel. Disebut "Twist," adalah mesin kopi bergaya portabel, ringan dan mudah untuk digunakan, sedangkan menjanjikan sebuah pengalaman kopi yang luar biasa di perjalanan.

Espresso waker

Lee Espresso waker dirancang untuk membantu Anda membuka mata Anda dengan bau dari espresso secangkir teh. Yang membutuhkan pelayan untuk berjalan di kamar Anda dengan secangkir kopi panas untuk mengucapkan selamat pagi?

Coffee Mixer

Gambar ilham dari struktur kerang, Iran desainer Behzad Hormoz telah dibuat mixer kopi unik namun canggih yang tampaknya untuk memperkaya pengalaman Anda menyeduh. Membungkus sebuah ketel terbuat dari Pyrex, segelas borosilikat dengan koefisien ekspansi rendah digunakan untuk gelas tahan panas dalam memasak dan kimia, dalam struktur bola selesai dalam plastik, perusahaan bir kopi mengintegrasikan baterai isi ulang, sehingga dapat digunakan selama perjalanan dengan keluarga atau teman-teman

IMO Coffee maker

Mendapatkan secangkir kopi diseduh baik sendiri bukan masalah besar dengan IMO canggih pembuat kopi. Ini telah dirancang untuk memperkaya pengguna dengan pengalaman membuat kopi yang unik.

Presovar oleh Necas Martin

Dibuat oleh desainer Ceko Martin Necas, Presovar merupakan generasi berikutnya dari pembuat kopi desainer yang tidak hanya dilakukan untuk tee tetapi juga menambah petunjuk untuk glamor dengan ruang dapur. Desain grafis fitur siluet tak beraturan yang langsung meminjamkan itu identitas sebagai sebuah karya seni.

Coffee Machine

Dirancang oleh Kamil Kurka, lulusan dari University of West Bohemia, Institut Seni dan Desain, sebagai salah satu proyek semester selama kursus tentang Desain Industri, yang "Mesin Kopi" adalah pembuat kopi futuristik yang lain dari pembuatan bir sebuah cupp sempurna ' kopi o 'membantu dalam meningkatkan dekorasi dapur Anda.

Podi coffee maker

Dirancang oleh Vinod Gangotra untuk Selec Line (Asia), yang "podi" adalah pembuat kopi melayani tunggal untuk digunakan dengan kaku kapsul dibuat Italia tersedia di enam aroma yang berbeda, memungkinkan berbagai besar bagi pengguna. Set yang akan diluncurkan bulan depan di Eropa, melayani satu mesin kopi juga termasuk tangki 1,0 liter air, tekanan 17 bar dan kapsul otomatis mendepak sistem.

sumber: http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/

Negara dengan Peraturan Sangat Ketat Soal Internet

Posted: 16 Mar 2012 05:27 AM PDT

Merupakan negara dengan sensor yang ketat bagi media cetak dan televisi, kini juga mulai membatasi aktifitas blog dan internet. Tekanan bagi pengguna internet pribadi sangat kecil –hanya sekitar satu persen menurut OpenNet Intiative– sehingga banyak warga mengakses internet melalui kafe. Namun, pemerintah membuat aturan ketat bagi kafe dengan akses internet, bahkan memonitor pengguanaan e-mail dan metode komunikasi lain dan menutup akses dari situs kelompok lawan politik. Setidaknya ada dua blogger yang masuk penjara, yakni Maung Thura, yang populer dengan sebutan Zarnagar, karena setelah melansir video menganai Cyclone Nargis 2008.

2. Iran
Otoritas negara ini tak segan-segan menahan para blogger yang mengkritik mengenai agama, figur politisi, revolusi Islam dan berbagai simbolnya. Pemerintah meminta seluruh blogger mendaftarkan situsnya ke Kementrian Seni dan Budaya. Pemerintah mengklaim telah menutup jutaan situs. Baru-baru ini kantor kejaksaan yang khusus menangani kasus internet dan bertugas dalam intelijen dibentuk. Blogger Omidreza Mirsayafi dijebloskan penjara karena dianggap menghina pemimpin spiritual negara, yang tewas di Penjara Evin pada Maret.

3. Syria
Pemerintah menggunakan filter untuk menutup situs yang sensitif secara politik. Para blogger bisa ditahan jika terbukti mengisi situs yang bikin alergi pemerintah. Pada tahun 2008, menteri komunikasi memerintahkan pemilik kafe internet untuk mencatat setiap pelanggan dan berapa kali menggunakannya dan mengirimkan dokumentasi ini secara berkala. Whaed al-Mhana, pengacara untuk situs arkeologi yang dianggap membahayakan, diperiksa dipengadilan karena kritikannya mengenai peledakan pasar di kota tua Damaskus.

4. Kuba
Hanya pejabat pemerintah dan orang-orang yang mempunyai hubungan dengan Partai Komunis yang bisa mengakses internet. Pada umumnya masyarakat menggunakan internet malalui hotel atau kafe internet yang dikontrol ketat pemerintah, yang artinya harus membayar mahal dengan voucher. Pemerintah pernah memenjarakan 21 penulis dalam situs online dalam satu dekade ini.

5. Saudi Arabia
Sekitar 400 ribu situs di tutup di negara kerajaan ini, termasuk yang berhubungan dengan politik, sosial atau isu-isu agama. Pemerintah akan dengan cepat menutup apapun yang kontra dengan negara atau sistemnya. Blogger Ahmed al-Farhan dipenjara tanpa diadili untuk beberapa bulan pada tahun 2007 dan 2008 karena menyuarakan perubahan dan pembebasan kepada tahanan politik.

6. Vietnam
Para blogger nekat mencoba mengisi berita-berita independen yang telah ditinggalkan oleh media tradisional yang dikontrol pemerintah. Pemerintah menanggapinya dengan membuat aturan. Akhir september lalu, blogger terkenal Nguyen Van Hai, yang dikenal Dieu Cay, dijatuhi hukuman 30 bulan penjara atas tuduhan menghindari pajak. Dalam penyelidikan CPJ menunjukkan hukuman itu sebagai balasan dari blog Nguyen. Pada oktober 2008, menteri informasi dan Komunikasi membuat agen baru untuk memonitor internet.

7. Tunisia
Seluruh lalu lintas internet harus melewati jaringan sentral, yang membuat pemerintah bisa menyaring ini dan memonitor e-mail. Penulis online Slim Boukhdhir dan Mohammed Abbou harus mendekam di penjara karena tulisannya.

8. Cina
Hampir 300 juta orang menggunakan internet –melebihi negara manapun di dunia. Namun pemerintahnya masih sempat melakukan program sensor bagi pengguna online. Kontrol yang ketat dilakukan dan jangan harap ada e-mail yang bebas dari monitor pemerintah. Setidaknya ada 24 penulis di dunia maya telah masuk penjara. Pada tahun 2008, Kantor Badan Pembersihan Pornogarfi dan Memerangi Publikasi Ilegal mengumumkan telah menghapus lebih dari dua juta situs yang haram di negeri Tirai Bambu ini.

9. Turkmenistan
Presiden Gurbanguly Berdymukhammedov membuka isolasi negaranya dari dunia dengan menyediakan akses internet. Namun, pertama kali ada kafe internet tahun 2007, tentara menjaganya setengah mati. Meski jaringan telekomunikasi Rusia MTS, masuk pasar Turkmenistan dan mulai menawarkan akses internet melalui telepon genggam pada Juni 2008, tetap saja pengawasan pemerintah ketat dalam usahanya menghindari adanya situs yang mengkritik pemerintahan.

10. Mesir
Semua lalulintas komunikasi melalui internet harus melewati layanan milik pemerintah Yakni Egypt Telecom. Setidaknya tercatat 100 blogger ditangkap pada tahun 2008. Blogger Abdel Karim Suleiman, yang terkenal dengan Karim Amer, harus mendekam empat tahun di penjara karena dianggap menghina Islam dan Presiden Mesir Hosni Mubarak.

sumber: http://jelajahunik.blogspot.com/

Ciri-ciri Anak Stress Saat Ujian

Posted: 16 Mar 2012 05:25 AM PDT

saat aq ngetik artikel ini sambil ketawa g habis-habis gara2 liat foto dibawah ini yang menunjukkan bahwa pelajar jaman sekarang bener-bener setress menghadapi ujian.

langsung liat sendiri aja fotonya dibawah ini:






https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhEnJKoYoD1X4KBWIuIRUTMJhP8bTTEv0twJJvoHeByWIu3Fq7oKXri7fkvnKHQx7g-_SN60vjpwFNCEvgwb4oUGweTQ1de3-7Gt77GW1gvRWZ-eW0fsOkSrBXa-QuIkaqN9dRkNmC8zj8/s1600/tumblr_l0ovn9WkII1qz9vwpo1_500.jpg
Yang bener aja ada kunci jawaban ST-12? kwkwkwk

10 Kota Besar yang belum ditemukan

Posted: 16 Mar 2012 05:19 AM PDT

10. The City Of The Caesars Kota ini dikenal sebagai Kota Wandering dan Kota Patagonia, Kota para Kaisar adlh sebuah kota mitos yang dyakni terletak di ujung selatan Amerika Selatan di daerah yang dikenal sebagai Patagonia. Kota tidak pernah dtemukan, menurut penjelajah kolonial mengatakan kota itu didirikan oleh korban yang selamat dari sebuah kapal karam Spanyol, dan diyakini memiliki sejumlah besar emas dan perhiasan. Seiring dengan waktu, sejumlah legenda telah terbentuk di sekitar Kota dari Caesars, dengan mengatakan bahwa itu dihuni oleh 10-kaki raksasa tingi, dan ad mitos kota hantu yang bisa muncul dan menghilang sesuka hati.


9. Troy Troy terkenal dlm puisi2 epik Homer, Troy legendaris sekali-kota yang terletak di Turki modern. dikenal sebagai situs dari Perang Troya, Troy kuno adlah kota-benteng yang kuat yang berdiri di atas bukit dekat sungai Scamander. Lokasi pantai yang memungkinkannya untuk menjadi kekuatan angkatan laut, dan dataran dekatnya disediakan lahan untuk pertanian baik. pertama kali digali di tahun 1870-an oleh Heinrich Schliemann, menemukan berbagai kota di situs, yang selama bertahun2 telah dibangun di atas satu sama lain. Meskipun pernah menjadi kursi kekuasaan yang menjulang.

8. The Lost City Of Z Konon terletak jauh di hutan Brasil, kota yang hilang Z dikatakan sebagai sebuah peradaban maju dengan jaringan canggih jembatan, jalan, dan kuil. Spekulasi tentang Z dimulai setelah dokumen itu ditemukan di mana seorang penjelajah Portugis menegaskan bahwa dia pernah mengunjungi kota ini pada 1753, tapi selain tidak ada bukti keberadaannya yang pernah ditemukan. Kota Z adalah yang paling terkenal untuk menarik kepentingan penjelajah Percy Fawcett, yang pada tahun 1925 menghilang tanpa jejak saat mencari, dan selama bertahun2 sejumlah petualang lainnya telah meninggal atau hilang, Dalam beberapa tahun terakhir, sebuah kota yang dikenal sebagai Kuhikugu ditemukan di Hutan Amazon bukti yang menunjukkan benteng dan teknik yang canggih.

7. Petra Petra Yordania terletak di dekat Laut Mati dan diyakini telah pernah menjadi pusat perdgangan karavan Nabataean. Fitur yang paling menonjol adalah arsitektur batu yang indah, yang diukir dari batuan pegunungan di sekitarnya. Petra sebuah kota dengan benteng alami ketika didirikan sebagai modal dalam 100 SM, dan bukti menunjukkan bahwa fitur banyak kemajuan teknologi lainnya seperti bendungan dan waduk, yang membantu para penghuni kawasan saluran banjir bandang dan menyimpan air untuk digunakan pada saat2 kekeringan. Setelah ratusan tahun kemakmuran, kota pergi ke Roma menurun setelah menaklukkan daerah, dan pada tahun 363 gempa bumi yang menghancurkan beberapa bangunan dan infrastruktur lumpuh. Petra akhirnya ditinggalkan, dan itu berdiri selama bertahun2 di padang pasir sebelum dinyatakan kepada dunia pada umumnya pada tahun 1812 oleh penjelajah Swiss.


6. El Dorado El Dorado adalah sebuah mitos kerajaan konon ditemukan di hutan Amerika Selatan. Secara harfiah berarti "The Golden one" dalam bahasa Spanyol, kota ini dikatakan dipimpin oleh seorang raja yang kuat dan tahan kekayaan tak terperi emas dan perhiasan. Pada masa dari conquistador, kota adalah subjek konstan daya tarik, dan beberapa bencana ekspedisi diluncurkan dalam pencarian itu. Yang paling terkenal ini dipimpin oleh Gonzalo Pizarro, yang pada tahun 1541 memimpin sekelompok 300 tentara dan beberapa ribu orang India ke dalam hutan untuk mencari El Dorado. Mereka menemukan tidak ada bukti dari kota atau harta, dan setelah kelompok itu hancur oleh penyakit, kelaparan, dan serangan oleh pribumi, ekspedisi ditinggalkan.


5. Memphis didirikan pada tahun 3.100 SM, Memphis adalah ibu kota Mesir kuno, dan bertugas sebagai pusat administratif peradaban selama ratusan tahun sebelum ditinggalkan dengan bangkitnya Thebes dan Alexandria. Pada puncaknya, Memphis diperkirakan memiliki populasi lebih dari 30.000, yang akan membuatnya menjadi kota terbesar jaman dahulu. Selama bertahun-tahun, lokasi Memphis menjadi hilang, dan itu menjadi bahan perdebatan di antara arkeolog sebelum ditemukan kembali oleh ekspedisi Napoleon di akhir 1700an, Sayangnya, batu2 dari reruntuhan telah disesuaikan untuk membangun pemukiman di dekatnya, dan banyak bagian penting dari situs tetap kalah dari sejarawan.


4. Angkor Wilayah Angkor Kamboja menjabat sebagai pusat kekuasaan untuk kerajaan Khmer dari 800 M hingga tahun 1400an. Daerah itu ditinggalkan setelah penurunan yang lambat yang berakhir dengan invasi oleh tentara Thailand tahun 1431, meninggalkan kota besar dan ribuan candi Budha yang akan direklamasi oleh rimba. Kota ini relatif tak tersentuh hingga 1800-an, ketika sekelompok arkeolog Prancis mulai memulihkannya. kuil Angkor terkenal Wat umumnya dianggap sebagai monumen keagamaan terbesar yang ada.

3. Pompeii Kota Romawi Pompeii ini dihancurkan pada tahun 79 M setelah dekat gunung berapi Vesuvius meletus dan mengubur seluruh komunitas di bawah 60 kaki abu dan batu. Kota ini diperkirakan memiliki sekitar 20.000 penduduk pada waktu itu, dan itu dianggap sebagai salah satu tempat liburan utama untuk kelas atas masyarakat Roma. Setelah letusan, reruntuhan berdiri selama 1.700 tahun sebelum tanpa sengaja ditemukan kembali pada 1748 oleh para pekerja untuk membangun istana Raja Naples, dan sejak itu Pompeii telah menjadi sumber konstan penggalian oleh arkeolog. Ironisnya, kehancuran yang disebabkan oleh Vesuvius, yang pda saat itu menengelamkan dengan begitu banyak lukisan dinding dan patung2, membuat Pompeii bagian penting sejarawan modern 'pemahaman hidup di Roma kuno. dan hanya menemukan sisa2 dari kota itu.



2. Atlantis Pada titik ini cukup mudah untuk menulis Atlantis lepas sebagai tidak lebih dari sebuah mitos, tetapi kota legendaris ini telah menjadi sumber spekulasi sejak Plato filsuf pertama kali menulis tentang hal ini dalam 360 SM digambarkan oleh Plato sebagai sebuah peradaban maju dan hebat kekuatan angkatan laut, Atlantis dikatakan telah menaklukkan sebagian besar Eropa sebelum tenggelam ke laut sebagai hasil dari beberapa jenis bencana lingkungan. Sementara cerita Plato dilihat oleh sebagian besar sebagai sebuah karya fiksi, dengan deskripsi suatu peradaban besar2an tahun depan para waktu teknologi telah menangkap imajinasi dari banyak penulis dan calon petualang, dan ada banyak ekspedisi diluncurkan untuk mencari kota ini.



dan Pemenang ya adalah..1. Machu Picchu Machu Picchu kota Terpencil dekat Urubamba Valley di Peru, kota ini pernah ditemukan dan dijarah oleh conquistador, dan tidak sampai sejarawan berkunjung Hiram Bingham pada tahun 1911 itu menjadi dikenal di luar daerah. Kota ini dibagi menjadi distrik2, dan fitur lebih dari 140 struktur yang berbeda dibatasi oleh dinding2 batu yang dipoles. dikatakan kepada telah dibangun di tahun 1400-an oleh suku Inca dan ditinggalkan kurang dari 100 tahun kemudian, kemungkinan besar ketika jumlah penduduknya adalah dihapus dengan cacar dibawa dari Eropa. Ada banyak spekulasi mengenai apa Machu Picchu digunakan untuk, dan juga mengapa memilih seperti suku Inca membangun di lokasi yang aneh. Beberapa orang mengatakan ini adalah bait suci macam, sementara yang lain berpendapat bahwa itu digunakan sebagai penjara, tetapi penelitian baru2 ini menunjukkan bahwa mungkin itu harta pribadi kaisar Inca Pachacuti, dan lokasi ini dipilih karena pegunungan di dekatnya menonjol dalam mitologi Inca.


Urutan jejaring sosial paling laris di Dunia

Posted: 16 Mar 2012 05:15 AM PDT

Facebook
Facebook atau disingkat FB adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang Mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan video, kuis, dan lain sebagainya.

Twitter
Twitter adalah sebuah situs mikroblog dan situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kata twitter secara harfiah berarti 'berkicau'.Situs ini mempunyai konsep blog mikro dalam penggunaannya.Di Indonesia situs jejaring sosial ini mempunyai pengguna aktif yang cukup banyak.
http://blog.writersdigest.com/norules/content/binary/mm_twitter.jpg
Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter

Friendster
Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas untuk membuat profil dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan akun di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog.
http://www.bobreyes.com/myblog/wp-content/uploads/2009/12/friendster-logo.jpg

Saat ini Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa Inggris, saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, bahasa Malaysia.
Sejak Desember 2009 MOL Malaysia telah membeli Friendster seharga AS$ 100 juta.

MySpace
http://www.rialtocenter.org/photos/logos/myspace-logo.png
MySpace adalah situs web jejaring sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik, dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. MySpace adalah tempat untuk mempromosikan band baru. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

Multiply
http://www.casabelrina.com/userfiles/multiply_logo.jpg
Multiply.com menyediakan layanan blog. Blog yang di-posting ke Multiply.com dapat secara otomatis diteruskan ke akun LiveJournal, Blogger atau TypePad. Dimungkinkan pula untuk mem-posting via surat elektronik atau MMS. Pengguna juga dapat memberikan komentar terhadap sebuah film atau buku, dan pengguna juga dapat berbagi jadwal acara berdasarkan kalender.

sumber: http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/

10 penemuan paling baik didunia

Posted: 16 Mar 2012 05:14 AM PDT

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/12/02/1457514620X310.jpg
Para ilmuwan dari berbagai bidang seperti kimia, astronomi, biologi, arkeologi, dan palaentologi telah berhasil menemukan fakta-fakta spektakuler dalam sains. Berikut ini adalah penemuan sains terbaik sepanjang tahun 2010 yang dipublikasikan oleh
Majalah Times. Di antara daftar penemuan terbaiknya, terdapat satu penemuan yang merupakan keberhasilan ilmuwan asal Indonesia.
1. Dinosaurus Bertanduk Bulan September tahun ini, para ilmuwan resmi menamai satu golongan baru dinosaurus yang disebut Kosmoceratops. Berat badan golongan dinosaurus tersebut mencapai 2500 kilogram. Dan, yang membuatnya unik adalah adanya 15 buah tanduk di kepalanya.
Kosmoceratops sebenarnya telah ditemukan pada tahun 2007, namun para ilmuwan baru bisa mengidentifikasinya tahun ini. Golongan dinosaurus itu diduga hidup 76 juta tahun yang lalu di wilayah yang kini dikenal dengan nama Utah, Amerika Serikat.
2. Muons dan Pembentukan Alam Semesta Para ilmuwan mengatakan bahwa jumlah materi dan anti materi yang dihasilkan sebelum big bang haruslah berbeda. Hanya perbedaan itulah yang memungkinkan terciptanya semsta.
Sebelumnya, perbedaan itu hanya mungkin dalam teori. Hingga tahun ini, percobaan partikel di Fermilab menemukan bahwa muons (partikel sub atomik seperti halnya elektron) yang dihasilkan memiliki kelebihan 1% anti muons.
Perbedaan muons dan anti muons tersebut memang tidak terlalu banyak. Namun, para ilmuwan mengatakan bahwa jumlah itu cukup untuk memacu terciptanya semesta.
3. Bulan Lebih Basah Daripada Sahara Misi Lunar Crater Observation and Sensing Satellite (LCROSS) berhasil menemukan keberadaan air di bulan, tepatnya di wilayah kutub selatan bulan. Jumlah air di permukaan bulan yang ditemukan dalam riset tersebut sangat mengejutkan, lebih dari 50% dari yang diharapkan.
Air yang terdapat di kutub selatan bulan itu terdapat dalam bentuk es yang tercampur dengan materi lain. Para peneliti mengatakan, es tersebut bisa diolah menjadi air murni. Hl itu bisa menghemat biaya misi pendaratan ke bulan sebab tak perlu membawa air dari bumi.
4. Piramid Mexico Teotihuacan Para arkeolog yang meneliti Piramid Mexico Teotihuacan berhasil menemukan koridor selebar 12 kaki lengkap dengan bagian atapnya. Dengan penemuan koridor tersebut, para arkeolog berharap bisa mengetahui jalan menuju pemakaman para rabi atau pemimpin agama dalam peradaban Mexico tersebut.
5. Gen Penyebab Penuaan Mengapa orang-orang tertentu tampak cepat tua? Para ahli genetika menemukan bahwa hal tersebut disebabkan oleh ulah gen TERC. Gen tersebut menentukan panjang telomer, semacam tutup yang terdapat pada ujung kromosom.
Orang pembawa gen itu akan cenderung mengalami penuaan lebih cepat sebab telomernya akan memendek lebih cepat. Orang yang membawa satu copy gen itu misalnya, akan tampak sama tua dengan orang yang 3-4 tahun lebih tua darinya.
Penelitian tentang gen TERC itu dipublikasikan dalam Jurnal Genetics.
6. Planet Ekstra Surya Para peneliti menemukan bahwa terdapat banyak sekali planet di luar tata surya. Salah satunya adalah planet HIP 13044b yang ditemukan oleh Astronom asal Indonesia, Johny Setiawan. Planet tersebut sebenarnya merupakan planet ekstra surya tetapi masuk ke galaksi Bima Sakti.
Penemuan planet ekstra surya lainnya adalah adanya 7 planet yang mengorbit pada bintang HD 10180. Sementara, penemuan planet lainnya yang juga memukau adalah Gliese 581g, planet ekstra surya dikatakan mengorbit bintangnya pada jarak yang tak terlalu pnas ataupun dingin, seperti bumi mengorbit matahari.
7. Metamaterial Penemuan ini dilakukan oleh Profesor Martin McCall dan Imperial College, London. Metamaterial yang dibuat dikatakan bisa "mengaduk" aliran energi elektromagnetik. cahaya yang melewati metamaterial tersebut akan terhambur secara tidak merata, membentuk gap antara ruang dan waktu.
8. Penemuan Australopithecus sediba Para ilmuwan menemukan fosil Australopithecus sediba, sebuah spesies manusia purba di wilayah Malapa, Afrika Selatan. Fosil tersebut diduga berasal dari masa 2 juta tahun yang lalu.
Para palaentolog menduga, fosil tersebut berkaitan dengan fosil manusia purba Homo erectus yang secara evolusioner kemudian berkembang menjadi Homo sapens atau manusia modern. Penemuan spesies ini, menurut para ilmuwan, bisa melengkapi data evolusi manusia.
9. Ununseptium Unuseptium yang untuk sementara dinamai unsur ke 117 merupakan kombinasi antara isotop berkelium dan kalsium yang diciptakan para ilmuwan di Dubna, Rusia. Para fisikawan mengatakan bahwa unsur ini bisa menunjukkan "island of stability", dimana unsur yang terberat bisa bertahan selama berbulan-bulan.
10. Rahasia Kucing Menyeruput Susu Para ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Virgiania Tech dan Princeton University menemukan rahasia cara kucing menyeruput susu. Mereka menemukan bahwa ketika kucing akan minum, lidahnya menjulur terlebih dahulu mebentuk huruf J.
Akibat kemampuan tersebut, kucing tak harus memasukkan seluruh lidahnya ke wadah susu. Bentuk huruf J memungkinkan terbentuknya lajur susu di antara lidah yang bergerak dengan permukaan cairan. Ketika kucing menutup mulut, susu pun bisa diminum tanpa mengakibatkan dagu menjadi basah.

sumber: kompas.com

Maaf Bu, Saya Mencopet karena Ibu Saya Sakit

Posted: 16 Mar 2012 03:19 AM PDT

Satu lagi cerita tentang pelajaran hidup, janganlah melihat sebuah persoalan dari satu sisi yang pada akhirnya akan membuat kesimpulan yang terburu-buru. Dari pinggir kaca nako di antara celah kain gorden, saya melihat anak muda itu mondar-mandir di depan rumah. Matanya berkali-kali melihat ke rumah saya. Tangannya yang dimasukkan ke saku celana, sesekali mengelap keringat di keningnya.

ana kmuda

Saya pernah melihat anak muda itu di jembatan penyeberangan, entah seminggu atau dua minggu yang lalu. Saya pulang membeli bumbu kue waktu itu. Tiba-tiba di atas jembatan penyeberangan, saya ada yang menabrak, saya hampir jatuh. Si penabrak yang tidak lain adalah anak muda yang gelisah dan mondar-mandir di depan rumah itu, meminta maaf dan bergegas mendahului saya. Saya jengkel, apalagi begitu sampai di rumah saya tahu dompet yang disimpan di kantong plastik, disatukan dengan bumbu kue, telah raib.

Dada saya berdebar menyaksikannya. Apa maksud anak muda yang bisa jadi umurnya tak jauh dengan anak sulung saya yang baru kelas 2 SMU itu? Melihat tingkah lakunya yang gelisah, tidakkah dia punya maksud buruk dengan keluarga saya? Mau merampok? Bukankah sekarang ini orang merampok tidak lagi mengenal waktu? Siang hari saat orang-orang lalu-lalang pun penodong bisa beraksi, seperti yang banyak diberitakan koran. Atau dia punya masalah dengan Adhi anak saya?

Kenakalan remaja saat ini tidak lagi enteng. Tawuran telah menjadikan puluhan remaja meninggal. Saya berdoa semoga lamunan itu salah semua. Tapi mengingat peristiwa buruk itu bisa saja terjadi, saya mengunci seluruh pintu dan jendela rumah. Di rumah ini, pukul sepuluh pagi seperti ini, saya hanya seorang diri. Kang Dwi, suami saya, ke kantor. Adhi sekolah, Anna yang sekolah sore pergi les Inggris, dan Bi Dian sudah seminggu tidak masuk.

Jadi kalau lelaki yang selalu memperhatikan rumah saya itu menodong, saya bisa apa? Pintu pagar rumah memang terbuka. Siapa saja bisa masuk.

Tapi mengapa anak muda itu tidak juga masuk? Tidakkah dia menunggu sampai tidak ada orang yang memergoki? Saya sedikit lega saat anak muda itu berdiri di samping tiang telepon. Saya punya pikiran lain. Mungkin dia sedang menunggu seseorang, pacarnya, temannya, adiknya, atau siapa saja yang janjian untuk bertemu di tiang telepon itu. Saya memang tidak mesti berburuk sangka seperti tadi. Tapi dizaman ini, dengan peristiwa-peristiwa buruk, tenggang rasa yang semakin menghilang, tidakkah rasa curiga lebih baik daripada lengah?

Saya masih tidak beranjak dari persembunyian, di antara kain gorden, di samping kaca nako. Saya masih was-was karena anak muda itu sesekali masih melihat ke rumah. Apa maksudnya? Ah, bukankah banyak pertanyaan di dunia ini yang tidak ada jawabannya.

Terlintas di pikiran saya untuk menelepon tetangga. Tapi saya takut jadi ramai. Bisa-bisa penduduk se-kompleks mendatangi anak muda itu. Iya kalau anak itu ditanya-tanya secara baik, coba kalau belum apa-apa ada yang memukul.

Tiba-tiba anak muda itu membalikkan badan dan masuk ke halaman rumah. Debaran jantung saya mengencang kembali. Saya memang mengidap penyakit jantung. Tekad saya untuk menelepon tetangga sudah bulat, tapi kaki saya tidak bisa melangkah. Apalagi begitu anak muda itu mendekat, saya ingat, saya pernah melihatnya dan punya pengalaman buruk dengannya. Tapi anak muda itu tidak lama di teras rumah. Dia hanya memasukkan sesuatu ke celah di atas pintu dan bergegas pergi. Saya masih belum bisa mengambil benda itu karena kaki saya masih lemas.

----------------------o0o---------------------------

Dan hari ini, anak muda yang gelisah dan si penabrak yang mencopet itu, mengembalikan dompet saya lewat celah di atas pintu. Setelah saya periksa, uang tiga ratus ribu lebih, cincin emas yang selalu saya simpan di dompet bila bepergian, dan surat-surat penting, tidak ada yang berkurang.

Lama saya melihat dompet itu dan melamun. Seperti dalam dongeng. Seorang anak muda yang gelisah, yang siapa pun saya pikir akan mencurigainya, dalam situasi perekonomian yang morat-marit seperti ini, mengembalikan uang yang telah digenggamnya. Bukankah itu ajaib, seperti dalam dongeng. Atau hidup ini memang tak lebih dari sebuah dongengan?

Bersama dompet yang dimasukkan ke kantong plastik hitam itu saya menemukan surat yang dilipat tidak rapi. Saya baca surat yang berhari-hari kemudian tidak lepas dari pikiran dan hati saya itu. Isinya seperti ini:

"Ibu yang baik…, maafkan saya telah mengambil dompet Ibu. Tadinya saya mau mengembalikan dompet Ibu saja, tapi saya tidak punya tempat untuk mengadu, maka saya tulis surat ini, semoga Ibu mau membacanya.

Sudah tiga bulan saya berhenti sekolah. Bapak saya di-PHK dan tidak mampu membayar uang SPP yang berbulan-bulan sudah nunggak, membeli alat-alat sekolah dan memberi ongkos. Karena kemampuan keluarga yang minim itu saya berpikir tidak apa-apa saya sekolah sampai kelas 2 STM saja. Tapi yang membuat saya sakit hati, Bapak kemudian sering mabuk dan judi buntut yang beredar sembunyi-sembunyi itu.

Adik saya yang tiga orang, semuanya keluar sekolah. Emak berjualan goreng-gorengan yang dititipkan di warung-warung. Adik-adik saya membantu mengantarkannya. Saya berjualan koran, membantu-bantu untuk beli beras.

Saya sadar, kalau keadaan seperti ini, saya harus berjuang lebih keras. Saya mau melakukannya. Dari pagi sampai malam saya bekerja. Tidak saja jualan koran, saya juga membantu nyuci piring di warung nasi dan kadang (sambil hiburan) saya ngamen. Tapi uang yang pas-pasan itu (Emak sering gagal belajar menabung dan saya maklum), masih juga diminta Bapak untuk memasang judi kupon gelap. Bilangnya nanti juga diganti kalau angka tebakannya tepat. Selama ini belum pernah tebakan Bapak tepat. Lagi pula Emak yang taat beribadah itu tidak akan mau menerima uang dari hasil judi, saya yakin itu.

Ketika Bapak semakin sering meminta uang kepada Emak, kadang sambil marah-marah dan memukul, saya tidak kuat untuk diam. Saya mengusir Bapak. Dan begitu Bapak memukul, saya membalasnya sampai Bapak terjatuh-jatuh. Emak memarahi saya sebagai anak laknat. Saya sakit hati. Saya bingung. Mesti bagaimana saya?

Saat Emak sakit dan Bapak semakin menjadi dengan judi buntutnya, sakit hati saya semakin menggumpal, tapi saya tidak tahu sakit hati oleh siapa. Hanya untuk membawa Emak ke dokter saja saya tidak sanggup. Bapak yang semakin sering tidur entah di mana, tidak perduli. Hampir saya memukulnya lagi.

Di jalan, saat saya jualan koran, saya sering merasa punya dendam yang besar tapi tidak tahu dendam oleh siapa dan karena apa. Emak tidak bisa ke dokter. Tapi orang lain bisa dengan mobil mewah melenggang begitu saja di depan saya, sesekali bertelepon dengan handphone. Dan di seberang stopan itu, di warung jajan bertingkat, orang-orang mengeluarkan ratusan ribu untuk sekali makan.

Maka tekad saya, Emak harus ke dokter. Karena dari jualan koran tidak cukup, saya merencanakan untuk mencopet. Berhari-hari saya mengikuti bus kota, tapi saya tidak pernah berani menggerayangi saku orang. Keringat dingin malah membasahi baju. Saya gagal jadi pencopet.

Dan begitu saya melihat orang-orang belanja di toko, saya melihat Ibu memasukkan dompet ke kantong plastik. Maka saya ikuti Ibu. Di atas jembatan penyeberangan, saya pura-pura menabrak Ibu dan cepat mengambil dompet. Saya gembira ketika mendapatkan uang 300 ribu lebih.

Saya segera mendatangi Emak dan mengajaknya ke dokter. Tapi Ibu…, Emak malah menatap saya tajam. Dia menanyakan, dari mana saya dapat uang. Saya sebenarnya ingin mengatakan bahwa itu tabungan saya, atau meminjam dari teman. Tapi saya tidak bisa berbohong. Saya mengatakan sejujurnya, Emak mengalihkan pandangannya begitu saya selesai bercerita.

Di pipi keriputnya mengalir butir-butir air. Emak menangis. Ibu…, tidak pernah saya merasakan kebingungan seperti ini. Saya ingin berteriak. Sekeras-kerasnya. Sepuas-puasnya. Dengan uang 300 ribu lebih sebenarnya saya bisa makan-makan, mabuk, hura-hura. Tidak apa saya jadi pencuri. Tidak perduli dengan Ibu, dengan orang-orang yang kehilangan. Karena orang-orang pun tidak perduli kepada saya. Tapi saya tidak bisa melakukannya. Saya harus mengembalikan dompet Ibu. Maaf."
Surat tanpa tanda tangan itu berulang kali saya baca. Berhari-hari saya mencari-cari anak muda yang bingung dan gelisah itu. Di setiap stopan tempat puluhan anak-anak berdagang dan mengamen. Dalam bus-bus kota. Di taman-taman. Tapi anak muda itu tidak pernah kelihatan lagi. Siapapun yang berada di stopan, tidak mengenal anak muda itu ketika saya menanyakannya.

Lelah mencari, di bawah pohon rindang, saya membaca dan membaca lagi surat dari pencopet itu. Surat sederhana itu membuat saya tidak tenang. Ada sesuatu yang mempengaruhi pikiran dan perasaan saya. Saya tidak lagi silau dengan segala kemewahan. Ketika Kang Dwi membawa hadiah-hadiah istimewa sepulang kunjungannya ke luar kota, saya tidak segembira biasanya.Saya malah mengusulkan oleh-oleh yang biasa saja.

Kang Dwi dan kedua anak saya mungkin aneh dengan sikap saya akhir-akhir ini. Tapi mau bagaimana, hati saya tidak bisa lagi menikmati kemewahan. Tidak ada lagi keinginan saya untuk makan di tempat-tempat yang harganya ratusan ribu sekali makan, baju-baju merk terkenal seharga jutaan, dan sebagainya.

Saya menolaknya meski Kang Dwi bilang tidak apa sekali-sekali. Saat saya ulang tahun, Kang Dwi menawarkan untuk merayakan di mana saja. Tapi saya ingin memasak di rumah, membuat makanan, dengan tangan saya sendiri. Dan siangnya, dengan dibantu Bibi Dian, lebih seratus bungkus nasi saya bikin. Diantar Kang Dwi dan kedua anak saya, nasi-nasi bungkus dibagikan kepada para pengemis, para pedagang asongan dan pengamen yang banyak di setiap stopan.

Di stopan terakhir yang kami kunjungi, saya mengajak Kang Dwi dan kedua anak saya untuk makan bersama. Diam-diam air mata mengalir di mata saya. Anna menghampiri saya dan bilang, "Mama, saya bangga jadi anak Mama." Dan saya ingin menjadi Mama bagi ribuan anak-anak lainnya.

http://haxims.blogspot.com/2011/12/maaf-bu-saya-mencopet-karena-ibu-saya.html

Inilah Kuburan yang tidak Angker di Romania

Posted: 16 Mar 2012 03:17 AM PDT

Biasanya jika kita mendengar kata kuburan, telinga dan hati kita merespon dengan ngeri. Pasti ada nuansa menyeramkan dan kesedihan yang ditonjolkan di situ. Kematian merupakan jalan menuju kepada kekekalan dan sangat ditakuti oleh orang-orang.

Kuburanlah merupakan peristirahatan badani untuk jenazah. Dan nuansa ngeri sudah distempelkan di sana.
Tapi bagaimana dengan kuburan yang ada di utara Rumania ini? Kuburan dengan nama Merry Cemetery of Sapanta yang terletak di setelah utara Rumania tidak menimbulkan aroma angker. Bahkan jauh dari kesan menyeramkan, kuburan ini bahkan terdengar menyenangkan. Tapi tentunya bukan bagi jenazah, tapi
bagi orang-orang yang berkunjung. Itulah sebabnya, Merry Cemetery of Sapanta merupakan salah satu daya tarik pariwisata orang-orang berkunjung ke sana. Bukan sekedar ziarah, tapi tamasya.

Berikut ini foto kuburan yang tidak menyeramkan di Rumania ini:

Spoiler for kuburan di rumania:
haxims.blogspot.com


Spoiler for kuburan di rumania:
haxims.blogspot.com


Spoiler for kuburan di rumania:
haxims.blogspot.com


Spoiler for kuburan di rumania:
haxims.blogspot.com


Spoiler for kuburan di rumania:
haxims.blogspot.com


Spoiler for kuburan di rumania:
haxims.blogspot.com


Spoiler for kuburan di rumania:
haxims.blogspot.com


Spoiler for kuburan di rumania:
haxims.blogspot.com


Spoiler for kuburan di rumania:
haxims.blogspot.com

Paleo, Festival Bermain Lumpur di Swiss ( artikel Dewasa)

Posted: 16 Mar 2012 03:14 AM PDT


The Paleo adalah Festival terkotor dan terbesar di udara ter buka di Swiss. relawan membayar upeti kepada 40 tahun dari Woodstock festival musik dengan menyebarkan kesenangan lumpur seperti yang dilakukan pada tahun 1969 di bagian utara New York Sampai sekarang.













Yuk Kuliner Makanan Khas Japan

Posted: 16 Mar 2012 03:10 AM PDT

Domburimono

Hidangan ini terdiri dari sebuah mangkuk (domburi) beras ditutup dengan berbagai lauk seperti daging sapi rebus (Gyudon), ayam dan telur (oyakodon), udang goreng (tendon) atau daging babi goreng dan telur ( katsudon) dengan sup tahu dan acar.
Mereka sering makan ini karena harganya lebih terjangkau,


Tempura

tempura adalah Seafood atau sayuran yang dicelupkan ke dalam adonan dan digoreng, tempura disajikan dengan saus dan daikon. Kata "Tempura" berasal dari Portugis 'tempero' ( saus) dan hidangan ini berasal dari pertengahan abad ke-16, ketika Portugis dan budaya Spanyol pertama kali diperkenalkan ke Jepang.
Ini mknan yg paling gw suka nih..hehe

Sukiyaki

Ini adalah sup sayuran lezat dgn daging sapi yang dimasak dengan Nabe besar dan dicelupkan ke dalam semangkuk telur mentah yang telah hancur
Sayuran biasanya digunakan adalah daun bawang, jamur shiitake dan daun krisan (shungiku). Juga ditambahkan adalah tahu dan mie (shirataki) dan bahan dimasak dalam saus yang terbuat dari kecap, gula dan sake manis (mirin).


Shabushabu
Untuk hidangan ini, kita bisa mencelupkan irisan tipis daging sapi dalam panci berisi air mendidih selama beberapa detik dan kemudian daging sapi tadi dicelupkan ke dalam saus wijen (goma dare) sebelum kita makan.
Kemudian, sayur-sayuran seperti jamur Enoki dan kubis cina, tahu dan shirataki ditambahkan. Ketika dimasak, makanan ini dicelupkan ke dalam saus kecap dan jeruk (ponzu). Setelah daging sapi dan sayuran telah selesai, udon dapat ditambahkan ke dalam panci dan
dimakan dengan tambahan Penyedap lain seperti kaldu, bawang putih, lokio dan daikon. Ini merupakan makanan yg paling Ekonomis di jepang

Okonomiyaki

Ini dapat digambarkan sebagai kue Jepang yang gurih. Sayuran dan daging cincang atau seafood yang dicampur dengan adonan dan dimasak di atas wajan. Seperti kue yang lain, Okonomiyaki bisa dibalik agar matang di kedua sisinya.kemudian diatasnya dilumuri dengan saus khusus dan mayones dan ditaburi nori dan ikan kering serpih (katsuobushi) maupun telur goreng.

Yakitori

Yakitori itu sendiri seperti sate. terdiri dari potongan ayam, termasuk jantung, hati dan tulang rawan yang dimasak dengan tusuk daging dimasak di atas panggangan arang. Cara ini juga dimasak di restoran yakitori (yakitoriya) adalah berbagai macam sayuran seperti paprika hijau (piman), bawang putih (ninniku) dan bawang merah(Negi).
Orang jepang menyukai rasa yang tajam baik menggunakan saus (tare) atau garam (shio). Menu tersebut akan biasanya mengandung berbagai makanan lain juga. Yakitoriya merupakan makanan ringan untuk menemani orang jepang saat minum.

Mie ramen

adalah masakan mi kuah Jepang yang berasal dari Cina. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba (soba dari Cina?) atau shina soba karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering juga berarti mi.
Ramen adalah makanan rakyat banyak di Jepang. Kuah ramen mempunyai banyak sekali variasi rasa yang ditentukan oleh jenis kaldu yang digunakan, bumbu dan lauk yang ditambahkan di atas mi. Bahan-bahan produksi lokal dari berbagai daerah sering digunakan untuk menghasilkan rasa lokal yang khas dan disukai penduduk setempat.

Kaldu untuk kuah bisa diambil dari campuran berbagai bahan seperti tulang babi, tulang sapi, tulang ayam, katsuobushi, sababushi, niboshi, konbu, kacang kedelai gongseng, shiitake, bawang bombay atau daun bawang.Ramen bisa digolongkan berdasarkan jenis-jenis kuah misalnya kuah rasa kecap asin, kuah rasa tonkotsu (tulang babi), rasa shio (garam), dan rasa miso

Teriyaki

teiyaki adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang di atas wajan atau kisi-kisi dari besi untuk memanggang dengan menggunakan saus teriyaki (tare). Saus teriyaki dibuat dari kecap asin (shōyu), sake untuk memasak, dan gula pasir dengan takaran 1:1:1.
Kata teriyaki berasal dari kata teri yang artinya bersinar (karena mengandung gula), dan kata yaki yang artinya dibakar atau dipanggang. Sewaktu sedang membuat teriyaki, bahan-bahan makanan yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki sampai beberapa kali hingga betul-betul masak. Di Jepang, bahan yang banyak dipakai pada masakan teriyaki adalah ikan (salem, tongkol, mackarel, trout, marlin), sedangkan di luar Jepang digunakan berbagai jenis daging (ayam, sapi, babi), atau cumi-cumi maupun bahan dari ubi konnyaku.

Takoyaki

Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Sewaktu ada matsuri sering dijumpai kios penjual takoyaki sebesar bola tenis (jambotako) yang menjual takoyaki secara satuan.Takoyaki dimakan dengan menggunakan tusuk gigi, tapi di Tokyo dimakan dengan menggunakan sumpit sekali pakai. Penjual takoyaki selalu memberikan 2 batang tusuk gigi untuk satu orang, karena takoyaki yang ditusuk dengan sebatang tusuk gigi bisa berputar-putar sewaktu diangkat dan jatuh sebelum masuk ke mulut.
Takoyaki dengan isi yang disukai penduduk setempat (kadang-kadang tanpa gurita) berusaha diperkenalkan di negara-negara yang penduduknya merasa ngeri memakan gurita

Dorayaki

Dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi) yang bentuknya bundar sedikit tembam, terdiri dari dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut dan mirip dengan kue Jepang yang disebut Kastela karena adonan yang mengandung madu.
Di Indonesia, makanan penganan ini mulai diperkenalkan di Indonesia bersamaan dengan anime Doraemon. Tokoh Doraemon mempunyai kegemaran makan kue dorayaki. Dorayaki yang dijual di toko kue di Indonesia rasanya sudah disesuaikan dengan selera lokal seperti dorayaki berisi campuran coklat dan keju. Dorayaki juga dikenal di Indonesia dengan sebutan Obanyaki.
Di Jepang, Obanyaki lebih dikenal dengan nama Imagawayaki. Walaupun Obanyaki mempunyai bentuk yang hampir sama dengan Dorayaki, kue Obanyaki lebih tebal dibandingkan dengan Dorayaki.


Onigiri
Onigiri adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segi tiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain Omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut Onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit.
Di Indonesia, Onigiri bisa dijumpai di bagian makanan Jepang toko swalayan terkemuka dan di restoran yang menyediakan makanan Jepang. Di negeri Tiongkok, Onigiri dikenal dengan nama fàntuán



Sushi
Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.
Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi (酸し). Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji 鮓 merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut gyoshō (魚醤) yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi atau ampas sake. Penulisan sushi menggunakan huruf kanji 寿司 yang dimulai pada zaman Edo periode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan huruf kanji lain yang berbunyi yang sama).



Ochazuke
Ochazuke atau chazuke adalah nama makanan Jepang atau cara makan berupa nasi putih dengan lauk sekadarnya yang dituangi air teh hijau, dashi atau air panas. Yūzuke adalah sebutan lain untuk nasi yang dituangi air panas.
Lauk diletakkan di atas nasi sebelum dituangi air teh (teh hijau atau hōjicha), dashi atau air panas. Lauk yang digunakan misalnya umeboshi, tsukemono, shiozake, nori, tsukudani, shiokara, wasabi, tarako (mentaiko).
Ochazuke merupakan makanan pengisi perut misalnya di antara dua waktu makan atau sewaktu masih lapar sebelum tidur. Di rumah makan tradisional atau di pemandian air panas, tamu sering ditawari ochazuke untuk menetralkan rasa pada mulut sehabis menikmati makanan mewah yang enak-enak.


Donburi
Donburi adalah makanan Jepang berupa nasi putih dengan berbagai macam lauk di atasnya seperti ikan, daging dan sayur-sayuran berkuah yang dihidangkan di dalam mangkuk besar yang juga disebut donburi. Kuah untuk donburi bergantung pada jenis makanan, tapi pada umumnya berupa dashi dicampur kecap asin dan mirin.


Mochi
Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun demikian, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun.


Dango
Dango adalah kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil, dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Adonan dango dibuat dari tepung beras yang diulen dengan air atau air panas. Kushidango adalah sebutan untuk sejumlah 3, 4, atau 5 butir dango yang ditusuk menjadi satu dengan tusukan (kushi) dari bambu. Jumlah butiran dango dalam satu tusuk bergantung pada daerahnya di Jepang.
Dango yang rasanya manis dibuat dengan menambahkan gula ke dalam adonan, sedangkan dango yang tidak manis dicelupkan ke dalam saus. Dango juga bisa dimakan dengan taburan bubuk kacang kedelai (kinako), dimasukkan ke dalam mitsumame (agar-agar yang dimakan bersama aneka buah kaleng) atau selai kacang merah yang diencerkan dengan air. Selain dari tepung beras, dango juga bisa dibuat dari tepung terigu atau tepung millet.


Sashimi
Sashimi adalah makanan Jepang berupa makanan laut dengan kesegaran prima yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.
Makanan laut segar seperti ikan, kerang, dan udang karang dihidangkan dalam bentuk irisan kecil yang mudah dimakan, sedang udang berukuran kecil ada yang hanya dikupas kulit dan dibuang kepalanya saja.
Tsuma adalah sebutan untuk bahan makanan penyerta yang bisa berupa lobak yang dipotong panjang-panjang dengan ukuran sangat halus, daun berwarna hijau yang disebut Oba (Aojizo), atau rumput laut seperti Wakame dan Tosakanori.
Sashimi juga berarti menikmati sesuatu dalam keadaan mentah, mulai dari potongan mentah daging Kuda (Basashi), daging ayam (Torisashi), hati ayam atau hati sapi, sampai pada potongan Konnyaku dan kembang tahu yang disebut Yuba.
Di daerah Kansai, sashimi lebih dikenal dengan sebutan O-tsukuri.


Nabe
Nabe adalah jenis masakan Jepang yang dimasak dan dihidangkan di dalam panci besar. Dalam bahasa Jepang, nabe berarti panci. Panci diletakkan di atas kompor kecil atau plat pemanas yang ada di atas meja. Sambil dimasak menggunakan panci atau wadah dari keramik bernama donabe, dan makanan dihidangkan di atas meja makan langsung bersama pancinya.
Masakan nabe termasuk jenis masakan steamboat yang dihidangkan untuk beberapa orang sekaligus yang duduk mengelilingi panci berisi hidangan utama. Makanan diambil sendiri dari panci oleh orang ingin memakannya, dan dipindahkan ke mangkuk milik sendiri sebelum dimakan. Selain disebut Naberyōri, makanan jenis ini juga disebut Nabemono. Makanan ini populer sebagai makanan musim dingin di Jepang.
Sebelum zaman Edo, orang Jepang memiliki budaya makan "satu orang satu nampan". Pada waktu itu, masakan nabe dihidangkan untuk satu atau dua orang. Pada zaman Meiji, masakan nabe menjadi begitu populer, terutama masakan nabe daging sapi yang disebut gyūnabe.

10 Daya Tarik kota Tokyo

Posted: 16 Mar 2012 03:09 AM PDT

KOTA Tokyo mempunyai daya magnet yang kuat dalam menarik kunjungan wisatawan setiap tahunnya. Kota modern ini rupanya menyimpan banyak keunggulan hingga sangat layak didatangi.
Banyak alasan Tokyo menjadi kota yang menakjubkan hingga mampu menarik minat wisatawan dunia. Setidaknya, 10 alasan dimiliki Tokyo, seperti diulas CNNGo:

Perjalanan kereta api tersibuk

Dengan 13 subway dan lebih dari 100 rute yang dioperasikan Japan Railways dan perusahaan swasta lainnya, sistem perkeretaapian Jepang sepertinya diciptakan untuk memenangkan rekor dunia. Sangat jarang kita menemukan lokasi di kota ini tanpa transportasi kereta api. Berwisata menggunakan kereta dari satu tujuan ke tujuan lainnya tentu menyisakan pengalaman menyenangkan

Ada menara tertinggi
.
Jepang memiliki menara Tokyo Sky Tree yang berhasil diselesaikan pada 29 Februari 2012. Ketinggiannya memiliki selisih sekira 200 meter dari Burj Khalifa, Dubai, yang memiliki ketinggian 830 meter dan menjadi bangunan tertinggi dari yang pernah dibuat manusia. Tersedia layanan yang dapat dipergunakan oleh stasiun radio digital dan transmisi televisi. Terdapat pula fasilitas teater, wahana air dan akuarium, ruang lembaga akademik, sistem penghangat, serta fasilitas pendingin di menara ini. Menara ini juga memberi kesempatan pengunjung menyaksikan pemandangan seluruh Kota Tokyo lewat dua observatorium yang terbuka untuk umum, di ketinggian 350 dan 450 meter. Sky Tree Tokyo dibuka untuk umum mulai 22 Mei 2012.

Kuliner yang kaya

Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam sehari untuk bisa menikmati kuliner khas Jepang. Mulai restoran berharga mahal hingga kedai pinggir jalan, beragam menu bisa Anda nikmati sesuai selera. Jangan pula lewatkan promosi kuliner yang mungkin ditawarkan banyak rumah makan.

Jalanan yang mirip latar film "Braveheart"

Jalan yang melintasi Shibuya Station bisa jadi yang tersibuk di dunia, dengan ribuan orang berjalan melakukan aktivitas mulai sekadar ngobrol, memainkan gadget, dan sebagainya. Datang ke Tokyo, Anda tidak hanya akan disuguhi pemandangan gedung-gedung modern, juga melihat keberagaman budaya dari seantero dunia.

Tersedia ratusan butik fesyen

Meski memiliki butik Forever 21 dan H&M, Tokyo juga memiliki butik yang dikelola secara independen oleh anak-anak muda dengan jumlah sangat banyak. Di wilayah Harajuku, semua item fesyen yang tersedia ditujukan bagi mereka yang berjiwa muda. Dan jika bertandang ke kawasan Shibuya, Omotesando, ataupun Aoyama, Anda akan disuguhi butik fesyen terluas di dunia yang menghadirkan berbagai produk desain dari penjuru dunia.

Jepang punya museum

Meski dijuluki Kota Metropolitan, Jepang tetap menjunjung tinggi sejarah. Edo-Tokyo Museum adalah tempat terbaik untuk Anda sejarah kehidupan tradisional Jepang yang disebut Edo, mulai abad ke-15 hingga ke-19. Bangunannya yang besar mirip pesawat ruang angkasa, yang menunjukkan Jepang pada masa lampau, masa kini, dan masa depan.

Tempat belanja terbaik untuk usia di atas 60

Sugamo Jizo Dori Shotengai merupakan surga belanja untuk para manula. Maklum, barang-barang yang dijual di area ini adalah old-fashion, tapi untuk Anda yang mencari barang vintage, maka tempat ini jawaban terbaik juga dengan harga murah.

Ledakan K-Pop adalah berita lama

Seluruh dunia sepertinya sedang demam budaya pop Korea, mengalahkan popularitas Harajuku. Tokyo bahkan diserang budaya Korea sejak lama, semenjak Kota Shinjuku menawarkan segala hal berbau Korea, termasuk toko-toko suvenir, restoran barbekyu, bar, dan sebagainya.

Toko elektronik bak taman impian

Jepang terkenal sebagai negara dengan ide-ide inovatifnya, berupa gadget maupun peralatan sehari-hari. Adalah Yodobashi Akiba yang menjadi toko elektronik terbesar di Tokyo, yang juga menjadi pusat gadget, video game, dan anime. Melangkah ke beberapa toko di Akihabara bak berjalan ke dunia imajinasi karena dipenuhi layar besar, cahaya terang. Bila Anda kelaparan, tempat ini menyediakan tiga lantai restoran danjuice bar.

Punya stadion bisbol terbesar

Jepang sepertinya terobsesi memiliki segalanya dengan predikat "paling", termasuk lapangan bisbol. Mengapa bisbol menjadi sebuah obsesi di Tokyo? Ini adalah salah satu di antara tiga kota di dunia, selain Chicago dan Seoul, yang memiliki stadion olahraga terbesar. Yomiuri Giants menjadikan Tokyo Dome bak rumah mereka untuk berlatih bisbol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar