Minggu, 11 September 2011

kumpulan aneka artikel 'n tips menarik

kumpulan aneka artikel 'n tips menarik


NASA Merilis Foto-foto Dari Lokasi Pendaratan Manusia di Bulan

Posted: 10 Sep 2011 07:52 PM PDT

Pernahkah manusia mendarat di Bulan? Itu pertanyaan yang bertahun-tahun lamanya muncul dan diperdebatkan oleh mereka yang mempercayai teori konspirasi.

Tapi apakah foto-foto terbaru dari Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) masih akan memberi ide baru bagi para penganut teori konspirasi dan mereka yang suka sekali dengan hoax tentang pendaratan di Bulan?

Pendaratan di Bulan tidak hanya terjadi sekali saja. Setidaknya ada 5 kali pendaratan di Bulan setelah Apollo 11. Misi pendaratan terakhisr adalah Apollo 17 sementara misi Apollo 13 gagal dan perencanaan misi Apollo 18,19 dan 20 dibatalkan.

Foto-Foto dari Bulan
Wahana pengorbit bulan Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) yang diluncurkan pada tahun 2009, bertugas untuk melakukan pemetaan di Bulan.

LRO dalam misinya ini memotret tiga lokasi yang berasal dari pendaratan Apollo 12, 14 dan 17 dari angkasa. Citra yang diambil sangat tajam dan menujukkan jalur perjalanan astronot saat menjelajah permukaan Bulan.



Citra dari lokasi pendaratan Apollo 17 di Bulan yang diambil LRO.
Kredit : NASA's Goddard Space Flight Center/ASU)

Di lokasi pendaratan Apollo 17, jejak yang ditinggalkan rover bulan terlihat sangat jelas. Tampak juga jejak kaki terakhir yang ditinggalkan dari astronot Eugene Cernan dan Harrison Schmitt.

Tak hanya itu, citra yang diambil LRO juga menunjukkan lokasi tempat diletakannya beberapa instrumen ilmiah oleh para astronot yang kemudian menjadi mata bagi manusia untuk melihat dan mengenali interior dan lingkungan Bulan.

Dari citra yang dihasilkan LRO, para peneliti masa kini bisa menelusuri kembali jejak para astronot dengan sangat jelas untuk mengetahui dimana mereka mengambil contoh-contoh dari Bulan.

Dari tiga citra berbeda yang diambil LRO, tampak jejak di tanah tipis saat astronot keluar dari modul pndaratan dan mulai menjelajah dengan berjalan kali.

Pada citra Apollo 17, jejak perjalanan para astronot termasuk di dalamnya jalur terakhir yang dibuat oleh manusia di Bulan bisa dengan mudah dibedakan dari jejak ganda yang ditinggalkan oleh rover Bulan, yang diparkir di area timur pendaratan.

Citra yang dihasilkan LRO, diambil dengan Narrow Angle Camera yang memiliki ketajaman luar biasa untuk memotret permukaan Bulan dari ketinggian rendah.

Pada setiap lokasi, ada jejak menuju ke arah barat pendaratan. Di tempat tersebut, astronot menempatkan Apollo Lunar Surface Experiments Package (ALSEP) yang digunakan untuk memantau interior dan lingkungan Bulan.

Peralatan yang satu ini merupakan bagian penting dalam semua misi Apollo karena ia memberikan pandangan awal dari struktur internal Bulan, mengukur tekanan permukaan Bulan dan komposisi atmosfernya.

Untuk kasus Apollo 11, saat itu ia membawa versi lebih sederhana dari paket sains untuk dibawa ke Bulan. Hal ini mengingat Apollo 11 merupakan awal dari pendaratan di Bulan.



Citra dari lokasi pendaratan Apollo 12 di Bulan.
Kredit : NASA's Goddard Space Flight Center/ASU)

Salah satu detil yang ada pada citra adalah bentuk L dalam foto Apollo 12. Bentuk L tersebut menandai lokasi kabel dari stasiun utama ALSEP ke 2 instrumennya.

Meskipun kabel sangat kecil untuk bisa dilihat langsung namun mereka bisa tampak karena dapat memantulkan cahaya dengan sangat baik.

Untuk foto yang diambil dari lokasi pendaratan Apollo 14,tampak juga jejak yang ditinggalkan oleh Alan Shepard dan Edgar Mitchell saat berjalan di Bulan.

Misi ini juga dikenal karena Alan Shepard saat berjalan di bulan yang ke-2 ia "bermain" golf aka memukul 2 buah bola golf. Selain itu tahap ketika modul Antares turun di Bulan juga tampak dalam foto yang diambil LRO.



Lokasi pendaratan Apollo 14 di Bulan. Tampak lokasi turunnya modul Antares dan jejak perjalanan astronot.
Kredit : NASA's Goddard Space Flight Center/ASU

Manuver LRO
Bagaimana LRO bisa mengambil foto sedemikian jelas? Resolusi tinggi yang dihasilkan juga diperkirakan karena penyesuaian yang dibuat pada orbit LRO yang dibuat sedikit oval atau elips tanpa merubah tinggi rata-rata.

Akibatnya, bagian terendah orbit berada pada sisi yang diterangi Matahari. Pada posisi ini LRO bisa mengambil foto dengan sangat jelas.

Manuver itu membawa LRO turun dari ketinggian standarnya yakni 50 km ke ketinggian 21 km saat ia melintasi permukaan Bulan.

Wahana LRO berada pada orbit ini selama 28 hari sehingga akan cukup untuk menyelesaikan 1 rotasi dan mengambil keseluruhan permukaan Bulan dengan kamera sudut lebar. Siklus tersebut sudah berakhir dan kini LRO kembali ke ketinggian 50 km lagi.

Apa Dampaknya?
Dari kacamata sains, citra yang didapat sangat pernting karena foto-foto ini memberi informasi ciri fotometri Bulan. Salah satunya mengapa tampak gelap?

Inilah yang menjadi pertanyaan untuk dijawab. Alasan lebih praktis, foto-foto ini sekaligus menunjukkan dengan tepat area dimana contoh dari Bulan diambil.

Citra yang lebih tajam juga memberi petunjuk bagi para astronom untuk mengidentifikasi perkakas yang ditinggalkan disana sebelum mereka meninggalkan Bulan.

Dan bagi mereka yang tertarik dengan bendera yang dikibarkan oleh misi Apollo, akan sulit untuk bisa melihat bendera itu "masih ada disana" setelah lewat beberapa dekade.

Lokasi tempat bendera itu ditancapkan jelas masih ada. Namun suhu ekstrim panas dingin dan juga lingkungan yang dihujani sinar ultraungu mungkin tidak akan meninggalkan apapun dari bendera yang terbuat dari nilon tersebut. Kalau pun masih ada mungkin bentuknya sudah compang camping.

( Sumber: http://www.apakabardunia.com/2011/09/foto-foto-dari-lokasi-pendaratan.html )

20 Klub Papan Atas Eropa

Posted: 10 Sep 2011 07:49 PM PDT


Liga-liga di Eropa musim 2011/2012 sudah bergulir (kecuali Liga Serie A Italia yang belum mulai karena diwarnai aksi mogok para pemainnya). Dari hasil laga-laga awal, beberapa klub besar di sejumlah liga Eropa masih dominan. Kecuali klub Arsenal yang punya awal buruk di Liga Primer Inggris.

Yang mengejutkan adalah kinerja Manchester City yang memperlihatkan permainan atraktif dan hasil meyakinkan. Tak heran jika City diprediksi menjadi pesaing kuat Manchester United dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris — menyingkirkan beberapa klub besar seperti Chelsea atau Liverpool yang sudah lebih dulu mapan.

Nama Barcelona masih menjadi tim yang menakutkan di benua Eropa. Gaya permainan cepat dari kaki ke kaki serta sering meraih kemenangan dengan skor telak, menjadikan tim asuhan Pep Guardiola itu sebagai klub terkuat di Eropa hingga saat ini.

Seperti dilansir oleh Yahoo! Sport, Hypercube Infostrada Euro Club Index menganalisis ratusan pertandingan dari ribuan laga di divisi teratas liga-liga Eropa yang sudah berlangsung. Klub-klub yang mendapat poin terbesar ditentukan dari jumlah gol yang mereka buat ke gawang lawan, jumlah gol yang bersarang di gawang sendiri, piala yang mereka raih sampai konsistensi prestasi di liga lokal, Liga Champions dan Liga Europa.

Berikut ini daftar 20 klub teratas di Eropa, lengkap dengan poin yang didapat dan posisi sebelumnya:

1 (1) Barcelona - 4298 poin

2 (2) Real Madrid - 4031

3 (3) Manchester United - 3942

4 (4) Porto - 3583

5 (5) Chelsea - 3539

6 (6) Bayern Munich - 3418

7 (9) Manchester City - 3260

8 (8) Arsenal - 3251

9 (7) Internazionale - 3237

10 (10) Valencia - 3226

11 (13) Benfica - 3192

12 (15) Lyon - 3151

13 (11) Marseille- 3148

14 (12) Shakhtar Donetsk- 3148

15 (14) AC Milan - 3134

16 (17) Lille - 3122

17 (18) Liverpool - 3109

18 (21) Villarreal - 3102

19 (16) Tottenham Hotspur - 3080

20 (19) Zenit St Petersburg- 3055

( Sumber: http://id.berita.yahoo.com/blogs/arena/20-klub-papan-atas-eropa-044047230.html )

Fakta Dibalik Tragedi WTC 11 September

Posted: 10 Sep 2011 07:46 PM PDT

Tak terasa sepuluh tahun berlalu sejak 19 teroris Al-Qaeda membajak empat pesawat penumpang komersial Amerika Serikat (AS) dan menabrakkan mereka ke Menara Kembar World Trade Center (WTC) dan Pentagon. (Pesawat keempat, yang seharusnya diarahkan ke Gedung Parlemen AS atau Gedung Putih, jatuh di sebuah ladang kawasan pedesaan di Pennsylvania dan menewaskan seluruh penumpang di dalamnya).



Diperkirakan 3000 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka dalam peristiwa yang jadi berita terbesar di zaman modern itu. Di balik semua kisah tragis dan menyeramkan, terdapat fakta-fakta mengejutkan yang mungkin belum Anda ketahui.

Dua puluh orang selamat dari balik puing bangunan
Penelitian terhadap para korban selamat WTC menyebutkan, 20 orang berhasil dikeluarkan hidup-hidup dari bawah puing bangunan. Di antara yang selamat itu adalah John McLoughlin dan William Jimeno, dua orang polisi pelabuhan. Mereka diselamatkan setelah terkubur di balik puing selama 13-21 jam. Mereka menjadi karakter dalam film tahun 2006 karya Oliver Stone "World Trade Center".

Pasquale Buzzelli, seorang insinyur dari pengelola pelabuhan, dan Genelle Guzman, seorang sekretaris, sedang berada di lantai 64 Menara Utara saat gedung tersebut ditabrak pesawat. Buzzelli pingsan selama tiga jam, dan terbangun di atas tumpukan puing, menghadap ke langit. Kakinya patah, banyak luka dan gegar otak saat diselamatkan oleh regu penyelamat. Guzman yang berada di dalam puing baru dapat diselamatkan 27 jam setelah menara runtuh. Kakinya luka parah tertindih reruntuhan namun kembali pulih empat bulan kemudian.

Jumlah korban tewas terbesar kedua berkewarganegaraan Inggris
Bukan hanya orang Amerika yang menjadi korban dalam serangan ke WTC dan Pentagon. Lebih dari 80 negara yang kehilangan setidaknya satu warganya pada hari naas tersebut, termasuk Jepang, Irlandia, Inggris, Australia, Selandia Baru, Swiss, India, Meksiko, Brasil, Afrika Selatan dan Kanada. Di antara 372 warga asing yang tewas, 67 diantaranya berkewarganegaraan Inggris.

Ron DiFrancesco berhasil melarikan diri dari dalam Menara Selatan WTC saat runtuh
DiFrancesco (37), warga Kanada, berhasil keluar dari dalam Menara Selatan WTC saat pesawat kedua menghantam di antara lantai 77 dan 85. Setelah susah payah turun hingga lantai dasar, DiFrancesco berhasil meninggalkan gedung yang kemudian luluh lantak tersebut.

Akibat terkena jilatan api, DiFrancesco terbangun di rumah sakit dengan luka bakar di sekujur tubuh dan patah tulang belakang. Dia merupakan salah satu dari hanya empat orang yang berhasil melarikan diri hidup-hidup dari Menara Selatan.

Kobaran api bertahan selama 99 hari
Butuh 99 hari untuk menangani kobaran api di Ground Zero sampai padam total. Pada 11 September pukul 8.46 pagi waktu setempat, hantaman pesawat pertama ke Menara Utara mulai menyulut api. Kobaran api baru benar-benar padam pada 19 Desember 2001.

Terdapat gedung ketiga yang juga runtuh
WTC Menara 7, sebuah gedung 47 lantai dan salah satu gedung terbesar di pusat Manhattan, menjadi gedung ketiga yang runtuh. Tidak ada media yang memberitakannya karena gedung tersebut runtuh akibat efek domino dari runtuhnya Menara Kembar. Bukan runtuh karena ditabrak pesawat.

Dalam laporan Komisi 9/11 menyatakan: "Gedung pencakar langit ketiga yang runtuh pada 11 September diberitakan hanya seperti catatan kaki yang sepele… karena memang hampir tidak ada orang melihat runtuhnya Menara 7… Berita tentang runtuhnya Menara 7 tidak dapat ditemukan dalam surat kabar, majalah, atau pun media elektronik setelah 11 September."

Sebuah pesan berkode dikirimkan secara online
Abu Abdul Rahman, salah satu orang yang bersekongkol di balik peristiwa 11 September, mengirimkan sebuah surat cinta yang mengandung sandi melalui Internet kepada "kekasihnya" seminggu sebelum serangan. Ternyata ia adalah rekan dari salah satu orang yang bertanggung jawab: Ramzi Binalshibh.

Pesan itu berbunyi: "Semester pertama dimulai dalam tiga minggu. Dua SMA (Menara Kembar) dan dua universitas (target-target di Washington DC) … Musim panas ini dipastikan akan panas … 19 (jumlah pembajak pesawat) sertifikat untuk empat lembaga pendidikan swasta dan empat ujian (jumlah pesawat yang digunakan). Salam untuk profesor. Selamat tinggal."

CNN melaporkan bahwa tiga minggu sebelum 11 September 2001, empat regu ditugaskan di target-target serangan, dengan tiga diantaranya diberi kode sandi. Gedung Parlemen AS disebut "Fakultas Hukum", Pentagon menjadi "Fakultas Seni Rupa", dan Menara Utara dari WTC diberi kode sandi "Fakultas Tata Kota".

Sebuah perusahaan kehilangan dua pertiga karyawannya
Perusahaan pelayanan keuangan global Cantor Fitzgerald bisa jadi merupakan badan usaha yang mendapat efek terburuk akibat serangan 9/11. Kantor pusat perusahaan tersebut yang terletak di lantai 101 sampai 105 di salah satu Menara WTC kehilangan 658 dari 960 orang karyawannya, atau dua pertiga total karyawannya.

Setelah tragedi terjadi, Direktur Utama Howard Lutnick menghubungi koleganya dan mengatakan: "Kami bisa saja menutup perusahaan dan datang ke upacara pemakaman rekan-rekan kami, atau kami bekerja lebih keras untuk membantu para keluarga yang ditinggalkan." Dan itulah yang mereka lakukan. Sepuluh tahun kemudian, Cantor Fitzgerald menyerahkan lebih dari $ 180 juta kepada para keluarga karyawan yang tewas.

Baja reruntuhan WTC laku dijual
Akan diapakan tumpukan sisa baja sebanyak 185.101 ton di Ground Zero? Pihak berwenang AS mendaur ulangnya. Masyarakat sempat marah karena pihak berwenang menyingkirkan baja-baja itu sebelum benar-benar selesai diperiksa sebagai barang bukti. Walikota Bloomberg menanggapinya dengan mengatakan: "Jika Anda berminat untuk melihat metode dan desain konstruksnya, komputer saat ini dapat melakukannya. Melihat tumpukan rongsokan besi tidak akan memberikan Anda informasi apapun."

Berdasarkan situs "9/11 Research", baja-baja terbesar telah dikirim ke Cina dan India. Perusahaan Cina Baosteel membeli 50.000 ton dengan harga $ 120 per ton. Baja yang tersisa digunakan sebagai bahan material tugu peringatan yang disebar di seluruh 50 negara bagian.

Satu mesin pesawat "selamat" dari kecelakaan
Untuk menyelidiki serangan, para insinyur secara sukarela menginvestigasi struktur bangunan WTC. Menurut Agen Penanggulangan Bencana Federal (FEMA), sebuah mesin salah satu pesawat yang menabrak Menara Kembar secara mengejutkan tidak mengalami kerusakan akibat hantaman, ledakan serta runtuhnya menara.

( Sumber: http://id.berita.yahoo.com/fakta-di-balik-11-september.html )

Selamat Ulang Tahun Pak Presiden!

Posted: 10 Sep 2011 07:43 PM PDT



Ulang tahun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Jumat (9/9) akan diperingati secara sederhana seperti kelaziman tahun-tahun sebelumnya ditandai dengan acara syukuran kecil yang dihadiri oleh keluarga.

Juru bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan hingga Kamis (8/9) belum ada informasi acara khusus peringatan ulang tahun kepala negara yang ke-62 tersebut.

"Sementara saya belum mendapat informasi biasanya memang ada syukuran kecil yang sifatnya sangat keluarga," kata Julian.

Namun demikian, Julian mengatakan pada Jumat besok Presiden tetap bekerja seperti biasa dan dimungkinkan ada agenda-agenda kegiatan seperti biasa.

"Pagi tetap ada acara dan kegiatan seperti biasa, ada acara internal juga," katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lahir di Pacitan pada 9 September 1949. Presiden Yudhoyono merupakan anak tunggal dari pasangan Raden Soekotjo dan Siti Habibah.

( Sumber: http://id.berita.yahoo.com/ulang-tahun-presiden-diperingati-sederhana-083453963.html )

Baso Ahmad, Si Pemuda Desa Temukan Teknologi Keamanan Motor

Posted: 10 Sep 2011 07:41 PM PDT

Maraknya pencurian kendaraan bermotor membuat seorang pemuda desa asal Kabupaten Sulawesi Selatan berhasil menemukan teknologi pengamanan kendaraan, dengan mengandalkan sebuah telepon seluler bekas.

Hebatnya, pemuda tersebut mampu menghidupkan mesin kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil dengan telepon selulernya, serta mampu merekam setiap pembicaraan di sekitar kendaraan tersebut.

Apabila dilihat sepintas, sepeda motor milik Baso Ahmad ini hanyalah motor biasa. Tapi siapa sangka motor ini bisa hidup menggunakan sebuah ponsel. Tak hanya itu, teknologi ponsel berfungsi sebagai pengaman kendaraan.



Baso Ahmad dengan motornya (Asriyah Latief/Sun TV)
Teknologi temuan warga desa Atapange, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ini bermula dari ponsel yang ditemukannya tercecer di jalan raya. Dari ponsel bekas ini Baso Ahmad terinspirasi memadukan teknologi handphone dengan kendaraannya.

Baso Ahmad membutuhkan waktu tiga bulan penelitian dan perakitan dalam menyempurnakan hasil temuannya ini. Perangkat yang digunakan juga sangat sederhana dan murah, yakni sebuah stabilizer yang ditempelkan di motor untuk memancarkan sinyal pada ponsel atau alat elektronik lainnya.

Baso Ahmad memiliki keinginan mampu menciptakan mesin traktor yang bisa berkerja sendiri tanpa operator untuk membantu meringankan pekerjaan petani di desanya.

(Sumber: http://autos.okezone.com/read/2011/09/08/53/500465/pemuda-desa-temukan-teknologi-keamanan-motor )

Michael Hart, Pelopor e-Book Meninggal Dunia

Posted: 10 Sep 2011 07:37 PM PDT


Michael Hart, yang membangun fondasi untuk industri e-book saat ini dengan meluncurkan Project Gutenberg 40 tahun yang lalu, pekan ini telah meninggal dunia di usia 64 tahun.

Seperti yang dikutip dari Cnet, Jumat (9/9/2011), Hart memulai proyek digitalisasi literatur pada tanggal 4 Juli 1971, dengan memindahkan teks US Declaration of Independence ke Xerox Sigman V di Material Research Lab, University of Illinoise. Selanjutnya proyek tersebut diterapkan pada Bill of Rights, karya-karya Shakespeare, dan lain-lain.

Pada bulan Maret, proyek tersebut telah merilis 40 ribu e-book dan mengkombinasikannya dengan 60 ribu sumber lainnya. Hart sendiri pernah menulis di email 'Tahun ini adalah Tahunnya e-Book!'.

"Literatur apapun yang bisa dimasukkan ke dalam komputer," tulis Hart mengenai manifesto Project Gutenberg pada tahun 1992.

"Jika sebuah literatur bisa dimasukkan ke dalam komputer, maka jumlahnya bisa digandakan sebanyak mungkin. Siapaun di seluruh dunia bisa mengaksesnya," tambahnya.

Pada tahun 1992 Hart pernah berkata bahwa sebuah floppy disk berkapasitas 1,44 MB mampu menampung sebuah e-book. Ia pun juga meramal bahwa ke depannya e-book akan hadir dengan tampilan grafik.

Saat ini e-book hadir semakin canggih dengan grafis, suara, animasi, dan fitur interaktif lainnya.

( Sumber: http://techno.okezone.com/read/2011/09/09/325/500689/pelopor-e-book-meninggal-dunia )

Diperkosa, Poppy Bunga Ingin Bunuh Diri!

Posted: 10 Sep 2011 07:28 PM PDT


Kejadian memilukan menimpa Poppy Bunga. Mantan kekasih Mandala Shoji itu mengalami peristiwa pemerkosaan dan penganiayaan hingga membuatnya depresi.

Namun, jangan salah sangka dulu. Pasalnya, itu hanyalah salah cerita dari sinetron terbaru Poppy yang berjudul 'Kupinang Kau dengan Bismilah'. Di sinetron ini Poppy beradu akting dengan Dimas Anggara yang berperan sebagai Amar.

"Iya dia diperkosa sampai akhirnya sampai depresi. Dia sangat mencintai Amar (Dimas Anggara). Dia tidak rela dan ingin bunuh diri," ujar Poppy saat ditemui di Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (8/9/2011).

Menurut Poppy, sinetronnya kali ini merupakan sinetron terberat yang diperankannya. "Kalau dibilang, sinetron terbaruku ini berat, ini sinetron paling berat yang pernah aku mainkan," akunya.

Di sinetron tersebut Poppy memerankan seorang anak dari pemilik pondok pesantren yang dilarang orang tuanya mengejar pendidikan ke luar negeri dan terjadilah konflik.

"Aku sebagai Fitria, anak dari pemilik pesantren. Terjadi konflik, dilarang kuliah ke luar negeri dan enggak dikasih kesempatan pacaran sama Amar. Konfliknya berat," urainya

(Sumber: http://celebrity.okezone.com/read/2011/09/08/33/500503/pernah-diperkosa-poppy-bunga-ingin-bunuh-diri )

Ditinggal Orangtua, Bocah Kamboja Menyusu ke Sapi

Posted: 10 Sep 2011 07:24 PM PDT

Seorang kakek di Kamboja menyatakan, cucunya menyusu dengan seekor sapi sejak orangtuanya pergi ke dari desanya untuk mencari nafkah.

Um Oeung mengatakan, cucunya yang berusia 20 bulan Tha Sophat mulai menyusu dengan sapi pada Juli lalu, setelah Sophat melihat anak sapi menyusu pada induknya.

Pertama-tama, Oeung menarik cucunya, namun lama kelamaan kakek itu menyerah ketika cucunya memprotes. Sophat pun menyusu kepada sapi selama satu atau dua kali sehari. Demikian seperti dikutip Associated Press, Sabtu (10/9/2011).



Foto : Tha Sophat menyusu ke sapi (AP)
Sophat hidup bersama kakeknya di Provinsi Siem Reap yang terletak di bagian utara Kamboja semenjak orangtuanya pergi ke Thailand untuk mencari pekerjaan.

Oeung menatakan, sapi tersebut tampak tidak keberatan saat Sophat menyusu dengannya. Meski demikian Oeung sangat khawatir akan kesehatan cucunya yang menyusu dari sapi secara langsung.

Karena di setiap susu sapi yang belum dimasak tentunya mengandung bakteri.

(Sumber: http://international.okezone.com/read/2011/09/10/214/501116/ditinggal-orangtua-bocah-kamboja-menyusu-ke-sapi )

10 Teknologi Asli Jerman

Posted: 10 Sep 2011 07:23 PM PDT


Jerman sebagai salah satu negara besar di dunia, memang memiliki banyak inovasi canggih di dunia teknologi. Situs The Local membuat daftar 10 inovasi teknologi asli Jerman.

Berikut ini merupakan sepuluh inovasi yang paling populer di Jerman menurut situs The Local, Jumat (9/9/2011), antara lain :

Sinar X
Alat yang berguna untuk mendeteksi penyakit atau kandungan lain dengan menggunakan teknologi cahaya tembus pandang ini, awalnya dikembangkan pada tahun 1895 oleh Wilhelm Conrad Rontgen di laboratorium University of Wurzburg. Hingga saat ini spektrum cahaya tersebut populer dengan nama Rontgen.

Namun beberapa waktu setelah itu, Rontgen memnemukan penemuan baru misterius yang diberi sebutan X. Dia menemukan foto (radiograf). Awalnya Rontgen mencoba melihatnya pada tangan istrinya dan gambar tersebut terlihat jelas dalam bentuk transparan lengkap dengan cincin kawin yang ada di jari manis istrinya. Sejak saat itulah sinar X diyakini pertama kali muncul.

Mesin Jet
Para insinyur Jerman mulai mendesain sendiri sebuah mesin jet pada tahun 1935. Ide ini pertama kali muncul di Jerman ketika melihat pesawat Ernst Heinkel dan mereka segera melihat potensi yang ada. Serangkaian purwarupa mencapai puncaknya dengan membuat mesin berbahan bakar bensin yang melekat pada pesawat sederhana. '178' merupakan mesin jet pertama, yang melakukan penerbangan perdananya di kota Rostock di pesisir timur laut pada bulan Agustus 1939.

Mobil
Butuh beberapa orang ahli yang jenius di Jerman untuk menempatkan teknologi four-stroke di atas roda. Perusahaan otomotif di Jerman yang paling menonjol antara lain, Karl Benz di Mannheim (1886) dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart (1889). Keduanya merupakan awal kebangkitan teknologi mobil di Jerman.

C-Leg (Kaki Palsu)
Diperlukan waktu yang lama untuk mengembangkan solusi membuat kaki palsu. Tetapi pada tahun 1997, Lower Saxony yang merupakan perusahaan HealthCare memberikan penemuan kaki palsu yang menggunakan mikroprosesor terkontrol pertama yang bisa bergerak. Ini adalah awal kehidupan baru bagi pasien yang terpaksa mengamputasi bagian tubuhnya.

MP3
Jerman sangat berpengaruh pada perkembangan musik pop dunia. Awal tahun 1990 teknik serta aplikasi untuk mengurangi kapasitas file suatu lagu mulai dikenal dengan sebutan MP3. Pertama kali MP3 diciptakan oleh lembaga riset Fraunhofer. Inovasi tersebut awalnya dikembangkan di benua Eropa dan akhirnya kini aplikasi musik tersebut bisa dinikmati oleh seluruh pecinta musik dunia.

Komputer
komputer adalah penemuan dari negara Jerman. Komputer pertama dibangun di ruang tamu Konrad Zuse tahun 1936. Perangkat pertama yang dibuat Zuse dinamai 'Z1', yang diakui hingga saat ini sebagai program komputer yang dikendalikan pertama kali secara digital.

Zuse juga melanjutkan untuk merancang bahasa pemrograman pertama di tahun 1940-an, dan matematikawan modern memandangnya sebagai orang yang jenius. Saat itu Zuse mendirikan perusahaan yang dinamai Zuse KG. Perusahaan ini berada di negara bagian Hesse, setelah itu baru disusul oleh raksasa komputer lainnya seperti IBM dan Siemens, yang keluar pada tahun 1967.

Teknologi kristal cair
Kristal cair pertama kali ditemukan pada kolesterol yang diekstrak dari wortel. Ini dilakukan oleh kimiawan Austria, Friedrich Richard Reinitzer pada tahun 1888, namun induk dari teknologi kristal cair secara umum diakui sebagai temuan Otto Lehman dari Karlsruhe di Jerman Barat.

Kristal cair yang ditemukan oleh Lehman memiliki suhu yang lebih tinggi dan setelah bertahun-tahun melakukan penelitian, akhirnya Lehman menerbitkan makalahnya "Kristal Cair" di Leipzig pada tahun 1904.

Tape Recorderd
Seorang anak keturunan Jerman, Fritz Pfleumer tidak hanya menciptakan pita rekaman audio pertama di dunia. Dia juga orang pertama yang menciptakan campuran rekaman di Dresden pada tahun 1927. Dalam salah satu demonstrasi awal, kertas yang sangat tipis ditutupi dengan bubuk oksida besi, Pfleumer menunjukkan bahwa rekaman itu bisa dipotong dan kembali selaras, sehingga setiap remaja akhirnya bisa merilis DJ yang populer saat ini.

Pfleumer membangun alat perekam kaset pertama yang sebenarnya setahun kemudian, meskipun hardware yang agak berat dengan membutuhkan 900 meter pita rekaman untuk digunakan merekam suara selama satu jam. di tahun 1932 perusahaan AEG yang berbasis di Frankfurt membeli hak cipta dari Pfleumer dan dengan cepat mengembangkan tape recorderd pertama secara massal.

Secooter Air
Pada tahun 1967, Bernd Bottger (27) seorang pria komunis Jerman Timur ingin melarikan diri dengan menyebrangi Laut Baltik. Secara tidak sengaja dia menemukan scooter air yang digunakan sebagai mesin bermotor yang bisa berjalan di atas air.

Namun upaya pelariannya berhasil terungkap dan Bottger dipenjara delapan bulan. Setelah bebas Bootger mulai memproduksi scooter air dan dengan marger bersama perusahaan ILO dan menjadi merek dagang di seluruh dunia. Bottger dikabarkan meninggal secara misterius saat menyelam pada tahun 1972.

Kondom Spray
Penemuan yang dilakukan tahun 2006 oleh Jan Vinzenz Krause dari Institute for Condom Consultancy membuat spray yang bisa digunakan sebagai kondom modern. Spray yang disemprotkan pada alat vital pria ini hanya membutuhkan waktu semenit untuk mengering dan membentuk lapisan khusus lateks.Ini merupakan kondom modern yang lebih praktis.

( Sumber: http://techno.okezone.com/read/2011/09/09/57/500790/10-teknologi-asli-jerman )

Jika Messi dan CR7 Bertukar Tim, Apa yang Terjadi?

Posted: 10 Sep 2011 07:21 PM PDT



Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kini menjadi ikon di klub masing-masing. Tak jarang keduanya kerap dibandingkan, meski sebenarnya masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri.

Messi begitu melekat dengan Barcelona, klub yang telah membesarkan namanya. Begitu juga dengan CR7 –sebutan Ronaldo- yang sering menjadi inspirator Los Blancos.

Messi, memang telah memenangi banyak gelar bersama Azulgrana. Sementara itu, CR7 baru bisa mempersembahkan gelar Copa del Rey untuk Madrid. Tapi, dari segi skill individu, keduanya yang terbaik saat ini.

Namun, apa yang akan terjadi jika Messi dan CR7 bertukar tim. Berikut analisa Yahoosport, Sabtu (10/9/2011) ketika berrandai-andai Messi berkostum Madrid, sementara CR7 berada satu tim dengan Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Pembagian bola
Barcelona sukses memperagakan gaya tiki-taka yang kerap membuat lawan kesulitan mengambil alih jalannya pertandingan. Dalam sistem ini Barca sangat bergantung pada passing dan pengusaan bola. Pola permainan ini bisa berjalan dengan baik berkat dua jenderal lapangan tengah, Xavi dan Iniesta.

Keduanya seringkali menjadi ruh permainan Azulgrana dengan pengaturan serangan brilian. Messi bisa bekerja dengan baik di Barca berkat dukungan Xavi dan Iniesta di lini tengah.

Namun, melihat permainan CR7 bersama Madrid selama ini, dia terlihat lebih individualistis. CR7 memang diberi tugas untuk mengacak-acak lini belakang lawan. Jika bergabung ke Barca, CR7 harus belajar lebih banyak bagaimana membagi bola dengan rekan setim.

Jumlah Gol
Tak perlu meragukan kapasitas CR7 dan Messi dalam mencetak gol. CR7 merupakan salah satu pemain haus gol. Dia akan berkembang dengan baik di Barca dengan sokongan Xavi dan Iniesta di tengah.

Messi memang begitu sukses bersama Barca. Tapi, perlu diingat sukses Messi tak lepas dari kehadiran dua gelandang Xavi dan Iniesta. Sebagai bukti, Messi tidak sesukses seperti di Barca ketika membela Timnas Argentina.

Situasi ini mungkin membenarkan adanya anggapan Messi sebenarnya bisa sukses dengan bantuan rekan setimnya, berbeda dengan CR7 di Madrid.

Andai keduanya bertukar tim, CR7 tak akan kesulitan membukukan gol-golnya ke gawang lawan, namun bersama Madrid Messi diprediksi justru bakal mengoleksi gol lebih sedikit ketimbang CR7.

Pemain Terbaik Dunia
Baru-baru ini Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik di dunia setelah menyabet trofi FIFA Ballon d'Or. Dia juga memenangi gelar UEFA Best Player. Pencapaian ini jelas berdasar pada performa Messi bersama Barcelona.

Andai CR7 hijrah ke Barca, bukan tidak mungkin dia-lah yang menyabet gelar-gelar individu bergengsi tersebut. Seperti yang disebutkan sebelumnya, di Barca Messi mendapat dukungan penuh dari dua jenderal lapangan tengah, Xavi dan Iniesta.

CR7 akan makin berbahaya jika dia bermain dengan Xavi dan Iniesta. Sebaliknya, Messi diragukan bisa tampil secemerlang seperti di Barca jika dia hijrah ke Santiago Bernabeu.

(Sumber: http://bola.okezone.com/read/2011/09/10/46/500994/apa-yang-terjadi-jika-messi-dan-cr7-bertukar-tim )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar